90 Tahun OFM Meraga di Nusantara

Setelah dalam tahun 1329 dan tahun 1679, Fransiskan menginjak bumi Indonesia, pada 21 Desember 1929, lima saudara Fransiskan dari Belanda tiba di Batavia. Lima saudara ini hadir menanggapi undangan untuk membantu para Jesuit dalam karya pastoral paroki dan karya misi.

Kelima Fransiskan itu adalah Victorius Beekman, Floribertus Schneiders, Paschalis Heitkonig, Azarius de Kok dan Michael Lunter. Mereka diterima secara resmi oleh Mgr A. Van Velzen di Gereja Katedral ‘Maria Assumpta, Jakarta. Penerimaan resmi kelima Fransiskan diikuti dengan pemberian tugas dan penempatan: tiga Fransiskan dikaryakan di Jalan Kramat Raya 134, yaitu Victorius Beekman dan Azarius de Kok (Mengurus Paroki Hati Kudus) dan Paschalis Heitkonig ditugaskan mengelola Panti Asuhan Vincentius. Dua Fransiskan lainnya yakni Floribertus Schneiders dan Michael Lunter ditempatkan di Meester Cornelis (Matraman) untuk melayani umat Paroki Santo Yosef dan Stasi Santo Antonius Padua di Jatinegara.

Tepat pada tahun 2019, momen kedatangan lima saudara Fransiskan itu dirayakan kembali. Perayaan ini dirayakan sepanjang tahun dalam setiap unit karya pelayanan Fransikan dalam satu tema besar: “90 Tahun OFM Meraga di Nusantara.”