Pengantar Kitab Mazmur

Pengantar Kitab Mazmur GroenenKitab Mazmur (Ibr. Tehillim) adalah sebuah kumpulan lagu-lagu keagama-an Israel yang berjumlah 150. Sebagai karya seni hanya merupakan seba¬gian dari produksi seni sastera semit yang besar sekali.

Mazmur (Ibr. mizmor) ialah sebuah lagu (pujian) keagamaan yang diiringi dengan alat musik yang berdawai. Jadi sebuah mazmur adalah sajak yang berupa puisi. Maka lagu itu menggunakan sarana sajak yang lazim dalam seni sastera semit, yakni “parellismus membrorum” (bagian yang sejalan) yang bermacam-ragam, sebagaimana sudah dijelaskan sedikit waktu kami berbicara tentang sastera kebijaksanaan pada umumnya.

Lagu semacam itu tersebar di seluruh daerah Timur Tengah, baik di Mesopotamia dan Fenisia-Kanaan maupun di Mesir. Masih terpelihara mazmur-mazmur yang berupa lagu pujian dan lagu ratap dari Babel, dari Ugarit (Fenisia) dan dari Mesir. Bahkan mungkin sekali seni sastera di Israel itu terpengaruh oleh produksi dari luar negeri, sehingga Israel berguru pada bangsa-bangsa tetangganya di negeri Kanaan.

Selengkapnya tentang Kitab Mazmur diulas oleh Alm. Pater Cletus Groenen OFM di tautan ini:

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *