8 Agustus – Bapa Dominikus Yang Kudus

8 Agustus
Bapa Dominikus Yang Kudus
1170-1221

Dia berasal dari kalangan bangsawan Spanyol yang kaya raya, tetapi kemudian meninggalkan semua barang-barang duniawi. Pada saat dibaptis, ibunya melihat sebuah bintang  bercahaya dari dalam dadanya. Dia menyelesaikan studi dalam bidang teologi di Palencia. Ahli hukum Gereja di Osma. Seorang Imam dari Ordo Agustinus. Sepanjang hidupnya menjadi rasul diantara orang-orang yang sesat (heretik), khususnya Albigensian terutama di wilayah Perancis. Dia mendirikan Ordo Para Pengkhotbah pada tahun 1215, yang kemudian terkenal dengan nama Ordo Dominikan: kelompok orang yang menghayati hidup sederhana dan keras. Didirikannya juga Ordo untuk para Suster, yang mengkhususkan diri untuk pendidikan gadis-gadis muda. Dia adalah seorang visioner dan Sahabat erat Santo Fransiskus dari Asisi.

Pada suatu ketika Dominikus menjadi kecewa atas kemajuan misinya; kaum heretik itu tetap saja bertahan. Namun dia mendapat penglihatan dari Bunda Maria yang menunjukkan kepadanya seuntai bunga-bunga mawar dan berkata kepadanya untuk mendoakan Rosario setiap hari, dan mengajarkannya kepada semua orang yang mau mendengarkannya. Akhir-akhirnya iman yang benar akan tampil sebagai pemenang. Acapkali Dominikus ini dipercaya sebagai penemu doa Rosario, tetapi sebenarnya Rosario itu sudah ada sebelumnya.

Menurut legenda, diceriterakan bahwa Dominikus menerima penglihatan perihal seorang pengemis yang, seperti Dominikus, akan membuat hal-hal besar demi Iman. Maka Dominikus bertemu dengan pengemis itu pada hari berikutnya. Dia memeluknya dan berkata, “Engkau adalah teman seperjalananku dan engkau harus berjalan bersama dengan saya. Bila kita tetap bersama, tak ada kekuasaan duniawi ini yang mampu menghalangi kita.” Pengemis itu adalah St. Fransiskus dari Asisi.

“Seorang yang mengendalikan nafsu-nafsunya adalah penguasa dunianya. Kita harus atau mengendalikan nafsu-nafsu itu, atau kita diperbudak olehnya. Lebih baiklah menjadi palu daripada menjadi landasan.” – Santo Dominikus.

Sumber: The Franciscan Book of Saints, ed. by Marion Habig, ofm., © 1959 Franciscan Herald Press. Diterjemahkan oleh: Alfons S. Suhardi, OFM.