9 Januari – Beato Elias dari Lorenzana

9 Januari

Beato Elias dari Lorenzana

Biarawan, Ordo I Fransiskan

Dilahirkan dari orang tua yang saleh di Lorenzana, Italia, pada tahun 1443, Beato Elias diberi nama permandian Bernardinus. Di masa mudanya, ia dikarunia keteguhan dalam melaksanakan devosi sehingga ketika berdoa raut wajahnya selalu bersinar dan ia sering terlihat terangkat dari lantai tempat ia berdoa. Hal ini menarik perhatian banyak orang dan mereka berdatangan dari berbagai daerah untuk melihatnya berdoa.

Meskipun demikan, pemuda yang taat ini tidak mengharapkan apa-apa selain melayani Tuhan dalam pengasingan. Agar terhindar dari perhatian orang banyak dan mengalami kemajuan dalam kesempurnaan Kristiani, ia meminta izin untuk menjadi seorang bruder di biara para Saudara Dina. Permintaan ini dikabulkan.

Terbakar oleh cinta Tuhan, Elias tahu bahwa tidak ada kebahagiaan yang lebih besar dalam ordo selain melaksanakan pembaktian diri dalam kontemplasi akan hal-hal surgawi dan karena para pembesarnya merasa yakin bahwa ia melakukan hal-hal besar untuk kemuliaan Tuhan dan keselamatan jiwa-jiwa, mereka mengizinkan Elias untuk tinggal dalam sebuah pertapaan yang letaknya tidak jauh dari biara. Di situ ia hidup hanya untuk Tuhan, di mana ia melakukan mati raga dengan melakukan puasa yang akut dan melaksanakan doa tanpa henti. Ia mengatasi serangan-serangan dari neraka seperti yang sering dihadapi santo-santa lainnya tanpa kenal lelah. Ketika ia telah menyelesaikan ulah-tapanya, Tuhan memanggilnya kepada kesatuan abadi dengan-Nya pada 10 Januari 1518.

Lonceng biara berbunyi dengan sendirinya ketika Elias dari Lorenzana meninggal dan orang-orang banyak berduyun-duyun datang untuk memberikan penghormatan kepadanya. Terjadi mukjizat-mukjizat di kuburannya dan beberapa tahun kemudian jasadnya ditemukan masih utuh meskipun ia dikubur di tempat yang sangat dalam. Penghormatan yang diberikan sejak dahulu kala kepada Elias disahkan secara resmi oleh Paus Leo XII untuk seluruh anggota Ordo Saudara Dina.

Sumber: The Franciscan Book of Saints, ed. by Marion Habig, ofm, © 1959 Franciscan Herald Press.