Jakarta, OFM-Para Saudara Muda mengikuti rekoleksi bulanan secara luring alias tatap muka di Rumah Biara St. Antonius Padua, Cempaka Putih Indah, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu-Minggu (10-11/9/2022). Bersama dengan Diakon Santono OFM, selaku pemberi materi, akhirnya para Saudara Muda dapat kembali menikmati pertemuan dengan situasi normal sebagaimana biasanya sebelum pandemi Covid-19 melanda. Dalam dua sesi pertemuan, para Saudara Muda mendalami tema tentang kerja, dengan judul besar: “Mereka Seharusnya Mengerjakan Pekerjaan Mereka dengan Setia dan Bakti” (AngBul V).

Dalam rekoleksi ini, secara khusus Diakon Santono, OFM mengajak Saudara Muda untuk kembali menggali makna kegiatan bekerja dalam spiritualitas Fransiskan, sebagaimana dinyatakan dalam AngBul 5:1-2. Diakon menjabarkan bahwa bekerja dengan setia dan bakti tidaklah boleh memadamkan semangat doa dan kebaktian yang suci. Sebab, melakukan pelayanan dan studi memanglah sesuatu yang baik, tetapi kesibukkan itu tidak perlu sampai mengabaikan doa. Demikian juga sebaliknya. “Dalam hal ini, meski tidak dapat dipisahkan, doa dan bekerja tetaplah dua hal yang berbeda. Kita tidak dapat mengatakan saya bekerja sambil berdoa atau bekerja juga adalah doa”, kata Diakon. “Jadi kedua hal tersebut, berdoa dan bekerja, harus dijalankan dengan seimbang tanpa mengaburkan salah satunya” tutupnya.

 

Pada sesi yang kedua, topik pembahasannya yakni bekerja sebagai identitas para Saudara Dina. “Saudara Dina bekerja sesuai dengan anugerah dari Tuhan. Dengan bekerja, seorang saudara tidak menampilkan dirinya sebagai seorang tuan. Serentak juga, bekerja bukanlah untuk berpaling dari Tuhan”, jelas Diakon. Dalam bekerja, para saudara tidak pertama-tama bermaksud untuk mengumpulkan kekayaan. Lebih dari itu, dengan bekerja, seorang saudara membuka ruang relasinya dengan Tuhan, sesama saudara, anggota masyarakat, alam, dan diri sendiri.

Selanjutnya, untuk pendalaman materi, para peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok sharing. Dalam perayaan Ekaristi penutupan rekoleksi yang dipimpin oleh P. Rikard OFM, bahasan dalam kelompok itu dibagikan sebagai pengganti renungan. Adapun seluruh rangkaian acara yang diikuti oleh 42 Saudara Muda ini ditutup dengan acara makan siang bersama di kamar makan biara St. Antonius Padua.

 

Kontributor: Sdr. Deri Habur, OFM

Ed.: Sdr. Tian Gunardo, OFM

Post navigation