BASETA di Meksiko

[Index Berita]

Jumat, 1 Juni 2012
Rombongan tim untuk persiapan pertemuan internasional “Under Ten” (bawah sepuluh tahun – BASETA) dari Roma telah tiba di Meksiko, tepatnya di Guadalajara, tempat berlangsungnya pertemuan Under Ten pada hari Senin, 28 Mei 2012. Kami tiba malam hari waktu Guadalajara-Meksiko, sekitar jam 21.00 dan disambut dengan penuh kehangatan serta kasih persaudaraan oleh saudara-saudara fransiskan di Guadalajara. Guadalajara merupakan kota ke-2 terbesar setelah Meksiko City dan memiliki tradisi kekatolikan yang kuat (pada waktunya akan di-share sedikit tentang hal ini). Pada hari berikutnya 29 Mei hingga tgl 2 Juni, kami mengadakan pertemuan bersama tim persiapan lokal, yakni para saudara di Meksiko. Kami mengunjungi rumah tempat berlangsungnya pertemuan ini, namanya “Casa di Nazareth”, kemudian mengkaji kembali detail-detail yang harus dipersiapkan demi kelancaran pertemuan Under Ten IV.Pertemuan Under Ten sebelumnya dilaksanakan di Madrid-Spanyol, Brasil, dan Holy Land. Pada tanggal 1 juni, para saudara yang berpartisipasi dalam pertemuan ini mulai berdatangan ke Guadalajara. Saudara Frumensius sebagai wakil dari Provinsi kita pun tiba pada Jumat, 1 Juni dalam keadaan sehat walafiat.

Sabtu, 2 Juni 2012
Pagi hari ini, tim persiapan pertemuan Under Ten mulai bersiap-siap menyambut kedatangan para saudara dari berbagai negara dan provinsi yang berbeda. Ucapan selamat datang: “Benvenuti, Bienvenida, Welcome in Guadalajara” menjadi sapaan awal bagi para saudara. Para saudara mulai berdatangan dari pagi hingga sore hari. Setelah menyelesaikan semua urusan administrasi dan menerima T-Shirt Under Ten, mereka diberi kesempatan untuk beristirahat. Setelah makan malam, pertemuan Under Ten dibuka dengan ibadat sore meriah yang dipimpin langsung oleh Minister General, Fr. José Rodríguez Carballo OFM. Pada kesempatan ini pula, beliau memberikan suratnya kepada setiap peserta Under Ten, para fransiskan muda dibawah 10 tahun kaul kekalnya. Acara dilanjutkan dengan presentasi para saudara dari Konferensi Meksiko dan Sentral Amerika dan Carribean. Kesan pertama: betapa indahnya berkumpul bersama dengan saudara sefransiskan seluruh dunia. Para saudara sungguh anugerah dari Tuhan bagi kita. Oh ya, jumlah kami semua 170 saudara dari ke-5 benua yang terbagi dalam 133 utusan dari provinsi dan kustodi, 67 saudara adalah panitia dan para saudara dari kuria Roma. Tema yang digeluti dalam pertemuan Under Ten IV adalah Sabda Bahagia dan Identitas Fransiskan kita. Sebuah ajakan untuk menyegarkan kembali rahmat pemberian dari Allah, panggilan kefransiskanan kita, dalam diri kita.

Minggu, 3 Juni 2012
Pagi hari ini setelah ibadat pagi bersama merayakan Perayaan Tritunggal Maha Kudus, kami melanjutkan acara dengan presentasi dari konferensi Afrika, Brasil, Meksiko, Italia, Angloxon, Bolivia, Asia (SAAOC) dan Asia Orientalis (EAC) dan beberapa yang lain. Tujuan dari acara ini adalah untuk berbagi dan mengenal antar saudara dari berbagai konferensi atau dari berbagai provinsi / kustodi. Sdr. Frumen yang menjadi utusan provinsi pun memberikan sedikit gambaran tentang kondisi provinsi kita.

Setelah makan siang, kami berangkat menuju Gereja Bunda kita Zapopan – Guadalajara. Patung Bunda Maria ini dibawa oleh misionaris ke biara fransiskan sekitar tahun 1528. Sejak tahun ini, seluruh umat Guadalajara menghormati dan berdevosi kepada Bunda Maria dan meyakini Maria Zapopan adalah Bunda yang menemani kehidupan mereka sehari-hari.

Ekaristi kudus pembukaan pertemuan Under Ten dilaksanakan di tempat ini bersama umat Guadalajara. Dari tempat pertemuan Under Ten, Casa di Nazareth ke Gereja Bunda kita Zapopan-Guadalajara berkisar 2 jam dengan bis. Kami diterima dengan tari-tarian dan nyanyian dalam budaya lokal. Sangat indah dan mengagumkan! Setelah perayaan ekaristi kudus, dilanjutkan dengan rekreasi bersama di halaman biara fransiskan kita, menikmati berbagai makanan dan minuman khas Meksiko (tentu saja saya mencari tequila hehehe). Kami disuguhi berbagai acara menarik. “Mama mia..che belissima cultura messicana” kata seorang rekan dari Italia. Setelah melewati sore hari yang indah, kami kembali ke Casa di Nazareth.

Senin, 4 juni 2012
Hari ini, setelah merayakan ekaristi kudus dan ibadat pagi, serta sarapan pagi, para saudara mendapat kesempatan istimewa untuk mendengar suara atau pesan dari Minister General berkaitan dengan situasi ordo terakhir dengan merujuk pada suratnya kepada semua saudara Under Ten. Tantangan jaman seperti individualisme, materialisme dan situasi masyarakat post-modernitas menantang spiritualitas fransiskan kita. Inilah saatnya kita untuk berani mewartakan dan memberikan kesaksian kefransiskanan kita. Para saudara diberi kesempatan untuk menanggapi suara dari minister general. Banyak pertanyaan diajukan dan ditanggapi dengan baik oleh minister general. Sore hari para saudara diberi kesempatan share bersama dalam kelompok seturut bahasa yang dikuasai. Kelompok berbahasa Spanyol, berbahasa Inggris dan yang berbahasa Itali. (Berkaitan dengan point-point refleksi yang kaya ini akan di-share pada kesempatan yang akan datang oleh Sdr. Frumen dan saya).

Malam hari, kami mengadakan rekreasi bersama. Kami bernyanyi dan menari bersama. Saling berbagi souvenir yang dibawa dari provinsi atau negara masing-masing. Suasana kefransiskan sangat terasa. Semua bergembira. Semua bernyanyi. Semua berbagi dalam suasana persaudaraan.

Selasa, 5 Juni 2012
Setelah doa pagi dan sarapan, kami melanjutkan pertemuan hari ini dengan laporan atau sharing dari diskusi bersama dalam kelompok yang telah dilakukan pada sore hari kemarin. Beberapa point sangat menarik dan sempat didiskusikan bersama. Akhirnya, Minister General memberikan kesimpulan sementara untuk diskusi dan share bersama sejak kemarin (akan dishare bagian ini di lain kesempatan, setelah saya kembali ke Roma) Setelah makan siang, kami para saudara dari Asia berkumpul bersama dengan Sdr. Paskali dan share berkaitan dengan kesan dan rencana-rencana menindaklanjuti pertemuan ini. Kami sepakat untuk menjaga kontak lewat email dan saling berbagi bersama. Ada informasi dari Sdr. Paskalis, bulan September ini, para saudara muda yang berkaul kekal di bawah 10 tahun se-Asia, artinya SAAOC dan EAC akan bertemu di Seoul – Korea Selatan. Semoga k.l. 3 bulan ini, kami dapat saling berbagi via email dan merumuskan beberapa hal berkaitan dengan pertemuan Under Ten internasional ini bagi para saudara di Asia dalam pertemuan di Seoul nanti. Malam hari, setelah makan malam, kami melanjutkan dengan Adorasi Sakramen Mahakudus.

Kontributor: Sdr. Hironimus Dey Rupa OFM.

under-ten-2012

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *