Beberapa Berita Persaudaraan di Manca Negara

KAPITEL TIKAR FONDASI BIZANTIUM
KAPITEL TIKAR FONDASI BIZANTIUMSaudara-saudara yang tergabung dalam Fondasi Yunani-Bizantium di Tarnopil, Ukraina, baru saja menggelar kapitel tikar mereka yang ke sembilan, tgl 8-9 Agustus 2014. Kapitel itu dihadiri oleh semua Saudara anggota Fondasi itu, bersama dengan Minister Provinsial dan Wakilnya dari Provinsi Maria Diangkat ke Surga Polandia. Refleksi mereka dipusatkan pada kehadiran mereka di Gereja Yunani-Bizantium di Ukraina, yang sudah berlangsung selama 20 tahun. Tidak dilupakan juga peringatan akan Sdr. Jozafat Ananewycx, OFM, seorang penebar spiritualitas Fransiskan. Kapitel Tikar tahun ini disatukan dengan perayaan 25 tahun disahkannya Gereja Yunani-Bizantium di Ukraina. Kapitel itu ditutup dengan permohonan damai di Ukraina dan di seluruh dunia.

PESTA NAMA MINISTER GENERAL
PESTA NAMA MINISTER GENERALHari Pesta Nama Minister General Michael A. Perry, OFM, dirayakan secara meriah di Kuria General pada tgl 29 September pada pesta Malaikat Agung St. Mikhael.
Dalam pesta itu ambil bagianlah semua Saudara-saudara Dina di Kuria General dan dari rumah-rumah yang bergantung pada Minister General di Roma. Hadir juga Msgr. Roberto Gonzalez, Uskup Agung Porto Rico, Msgr. Joe Bonello, Uskup Koajutor Juticalpa, Olancho, di Honduras, Msgr. Savio Hon Tai Fai, SDB, Uskup Agung Sekretaris Kongregasi Evangelisasi Bangsa-bangsa, Vikaris General dari Saudara Dina Conventual, Sr. Mary Melone SFA, Rektor PUA, para Minister Provincial, Mondo X, OSF, dan para religius lain yang berdekatan dengan Kuria serta para sahabat karib dari Komunitas Persaudaraan Kuria.

PESTA ST. FRANSISKUS DI KURIA
PESTA ST. FRANSISKUS DI KURIAPesta Bapa Serafik kita St. Fransiskus Asisi, dirayakan di Kuria General pada 3 dan 4 Oktober. Perayaan Transitus dirayakan pada tgl 3 Oktober dan dipimpin oleh Saudara. Julio Bunader, OFM, Wikaris General. Hadir pada peringatan yang diadakan di kapel Maria Sang Pengantara itu (kapel Generalat): Keluarga Besar Fransiskan, Persaudaraan OFS setempat dan para sahabat. Perayaan Ekaristi meriah dirayakan pada tgl. 4 Oktober, dan dipimpin, sebagaimana biasa pada hari raya ini, oleh seorang Imam Dominikan, Pater Rui Lopes de Almeida, OP.

PERTEMUAN MISSIONZENTRALE DAN KURIA GENERAL
Telah terselenggara sebuah pertemuan antara Definitorium General, Kantor-kantor Jawatan di Kuria dan para Pimpinan dari MZF (Missionszentrale der Franziskaner) di Kuria General pada pagi hari tgl 16 September 2014. Tujuan pertemuan itu adalah untuk menjalin ikatan yang kuat antara Ordo dan MZF dan untuk mengembangkan kerjasama dalam bidang Misi dan Evangelisasi.

PERTEMUAN MISSIONZENTRALE DAN KURIA GENERAL.

Setelah presentasi dari beberapa peserta pertemuan itu dan demi bertambahnya pengetahuan di antara mereka, Minister General, saudara Michael, atas nama Definitorium General, memperkenalkan kebijaksanaan Definitorium dalam menggarap dan melayani permohonan-permohonan dalam bidang keuangan. Kantor-kantor dari Kuria General – SGME, SGFS dan GPIC – kemudian menyajikan cara kerja mereka dalam penggalangan dana. Akhirnya, para anggota MZF menyajikan tata kerja mereka dalam melayani Keluarga Fransiskan dan Gereja demi perkembangan orang-orang miskin.

Selama bagian ke dua dari pertemuan pagi itu, sharing yang diadakan oleh mereka yang hadir, menyoroti dan menekankan perlunya dilanjutkannya kerjasama semacam itu dan usaha untuk lebih memperdalam lagi melalui tukar-menukar informasi dan sharing dari proyek-proyek yang penting. Diusulkan juga pertemuan-pertemuan yang lebih sering dan diputuskan untuk menyelenggarakan kerjasama yang lebih aktif antara Kuria dan MZF.

IRLANDIA: TAHUN NAMA YESUS YANG KUDUS
IHSPara saudara di Irlandia menempati tempat istimewa dalam kehidupan masyarakat. Ini disebabkan oleh partisipasi mereka bersama rakyat selama penjajahan Inggris dan perang kemerdekaan. Setelah kemerdekaan diperoleh, Pemerintah Irlandia – sebagai ungkapan terimakasih dan syukur – memberikan hadiah kepada para Saudara Dina di sana: gratis mempergunakan kendaraan umum (kereta api dan bis) di seantero negara. Pada waktu itu keistimewaan ini memang tidak membebani negara, karena para Saudara Dina masih jarang bepergian. Sekarang situasinya sudah berbeda, karena itu keistimewaan ini tidak berlaku lagi. Waktu saya pada tahun 1976 malang melintang di sana selama dua minggu, saya ya tetap aja bayar (sebagai mahasiswa).

Selama tahun 2014 ini, Tahun Nama Kudus Yesus dirayakan oleh segenap Keluarga Fransiskan di Irlandia. Hal ini untuk memperingati devosi pada Nama Suci itu di Irlandia, yang telah dimulai oleh Francis Donnelly, OFM, didukung oleh para Suster Klaris dan Saudara-saudara dari OFS pada tahun 1914. Tujuan dari Tahun ini sederhana saja: untuk sekali lagi mendorong hormat dan devosi kepada Nama Suci Yesus dan – karena itu – memperdalam cinta pribadi seseorang pada Tuhan Yesus dan kesetiaan kepada Injil-Nya. Perayaan tahun ini dibuka di Biara St. Klara di Galway, pada 3 Januari 2014, Pesta Nama Suci dan tahun ini pun diangkat menjadi Tahun Jubile bagi segenap Keluarga Fransiskan di Irlandia oleh paus Fransiskus. Sebuah website pun diresmikan dengan nama www.holyname.ie dan memuat: berbagai sumber doa, meditasi, bacaan-bacaan dari Kitab Suci, Himnus dan sejarah. Diterbitkan juga sebuah buku yang berkaitan dengan Tahun Jubile ini: “The most simple prayer: a book of love and faith” (Doa yang paling sederhana: sebuah buku cinta dan iman), sederetan renungan-renungan sederhana perihal Injil untuk membantu orang-orang memperdalam penyerahan diri mereka pada Tuhan, apa pun juga keadaan mereka. Terdapat juga daya tarik baru pada monogram IHS yang orang-orang tempatkan di rumah-rumah mereka. Tahun Jubile ini, yang pada mulanya hanya akan dirayakan di kalangan Keluarga Fransiskan, ternyata diterima dengan hati terbuka dalam keuskupan-keuskupan dan kelompok-kelompok dalam Gereja di Irlandia.

(sumber: Fraternitas November 2014).

Dialihbasakan oleh P. Alfons Suhardi OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *