Berjalan Bersama Merawat Kehidupan

Bertepatan dengan pesta Para Malaekat Agung (Rabu, /29/09/2021), para Saudara Dina Provinsi Indonesia yang menjadikan St. Mikhael Malaekat Agung sebagai pelindung Provinsi merayakan pesta pelindung Provinsi. Bersamaan dengan itu pula, melalui zoom meeting yang dihadiri hampir semua Saudara Dina seprovinsi, termasuk para Saudara Dina di Fundasi Timor Leste, dirayakan pula pesta hidup membiara dan imamat beberapa saudara. Mereka itu adalah Sdr. Alfons Suhardi yang merayakan 60 tahun hidup membiara, Sdr. Marcel Onggol dan Sdr. Felix Kabupung yang merayakan 50 tahun hidup membiara, Sdr. Vincent Kwek dan Sdr. Robby Wowor yang merayakan 40 hidup membiara, Sdr. Vitalis Nonggur dan Sdr. Gabriel Maing yang merayakan 40 tahun imamat, serta Sdr. Adri Nahal, Sdr. Eddy Wiyono, dan Sdr. Stanislaus Suharyanto yang merayakan 25 tahun hidup membiara.

Acara temu para saudara OFM yang digagas oleh Dapur Penginjilan dan Spiritualitas OFM dalam kerjasama dengan Franciscan Media Centre ini mengambil tema “Berjalan Bersama Merawat Kehidupan”. Rangkaian acara dimulai dengan Ibadat Sabda yang dipimpin Sdr. Johnny Dohut OFM. Dalam renungannya Sdr. Johnny menekankan pentingnya menjaga diri dari godaan iblis masa kini yang termanifestasi dalam berbagai macam bentuk sikap negatif, seperti kesombongan intelektual, kesombongan spiritual, ketamakan, dsb. Bagi Sdr. Johnny, sosok St. Mikhael Malaekat Agung yang dijadikan patron OFM Indonesia dapat dijadikan contoh. Sosok ini sering digambarkan sebagai panglima perang yang melawan dan membasmi iblis. Berkaca pada St. Mikhael, para Saudara Dina di Provinsi ini juga hendaknya dengan setia dan tekun membasmi iblis yang ada di dalam diri masing-masing.

Selanjutnya, Minister Provinsi, Sdr. Mikhael Peruhe OFM, dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada para pestawan serta meneruskan ucapan selamat dari Minister General OFM, Sdr. Massimo Fusarelli OFM, kepada Provinsi Indonesia yang merayakan pesta pelindung. Dengan diselingi beragam acara yang dipersiapkan beberapa komunitas, para pestawan secara bergiliran membagikan secara singkat lika-liku perjuangan mereka dalam menapaki jalan hidup sebagai religius Fransiskan dan sebagai imam. Seomoga kesaksian hidup dan kesetiaan para saudara ini dapat menjiwai generasi muda OFM di Indonesia dan Timor Leste dalam menapaki panggilan hidup sebagai Saudara Dina.

 

Sdr. Ambrosius Haward, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *