Catatan Hari Pertama Kapitel Provinsi, 22 September 2010

Pada Rabu, 22 September 2010, sekitar pkl. 16.00 WIB hampir semua peserta Kapitel Provinsi tiba di Biara St. Clara, Pacet-Sindanglaya. Peserta yang hadir datang dari seluruh Rumah Biara di Indonesia. Kapitel provinsi kali ini diikuti oleh 15 saudara anggota ex-officio (karena jabatan), 10 utusan dari setiap rumah biara, 6 utusan bebas, 2 undangan khusus dan 3 wakil dari saudara-saudara muda, ditambah dengan 2 saudara muda, yang menjadi notulis kapitel. Setelah acara snack bersama, pukul 17.15 beberapa saudara yang bergabung dalam anggota Steering Committee serta Tim Perumus mengadakan pertemuan untuk membahas hal-hal teknis berkaitan dengan pelaksanaan kapitel.

Pada hari pertama, kegiatan dibuka dengan Ibadat Sore bersama yang dipimpin Sdr. Ferry Suharto. Dalam renungannya, ia mengajak semua saudara untuk melihat kapitel sebagai momen untuk merefleksikan perjalanan persaudaraan sekaligus kesempatan untuk menatap masa depan. Sebagai simbolisasi dibukanya rangkaian kegiatan, semua pimpinan rumah biara menaburkan benih kacang dalam pot. “Ini menjadi lambang ditaburkannya benih harapan kita akan kapitel provinsi ini”, demikian dikatakan Sdr. Ferry.

Selesai makan malam, pkl.20.00, acara dilanjutkan dengan rekoleksi bersama yang diberikan oleh Sdr. Sutardjo. Ia mengangkat tema “Kerajaan Allah sudah datang”. Rekoleksi rencanaya akan diadakan sampai hari Kamis (23/9). Saudara Sutardjo mengingatkan saudara-saudara untuk menyadari kembali hakikat panggilan, terutama memahami diri sebagai pribadi yang dipanggil. Baginya, perlu sekali ‘pengenalan diri secara intim’ karena hal tersebut amat menentukan cara kita dalam berelasi dengan sesama. “Pengenalan diri sekaligus relasi yang terbina dengan sesama perlu seimbang”, demikian menurut Sdr. Sutardjo. Setelah mendengarkan renungan semua peserta kembali ke kamar masing-masing untuk mengadakan refleksi pribadi. Sementara itu, panitia penyelenggara dan notulis kapitel berembuk bersama guna membahas hal-hal teknis, perihal rencana kerja pembuatan notulensi dan dokumentasi kapitel.

Ditulis oleh: Sdr. Oki Dwihatmanto, OFM

kapitel2010-2

kapitel2010-4

kapitel2010-3

kapitel2010-1

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *