Di Luar Aku Kamu Tidak Dapat Berbuat Apa-Apa

Di tengah kekalutan akibat pandemi yang tengah melanda dan menghantam seluruh aspek kehidupan, sejenak persaudaraan Fransiskan Indonesia boleh merasakan kegembiraan. Kemantapan hati sebelas saudara muda untuk mengikrarkan kaul pertama dalam Ordo Saudara-saudara Dina menjadi alasannya.

Bertempat di Gereja Paroki St. Paulus Depok, Keuskupan Bogor (28/07/21), kesebelas pemuda yang baru saja menyelesaikan masa novisiat menyerahkan diri untuk hidup dalam ketaatan, tanpa milik, dan dalam kemurnian.

Kesebelas saudara tersebut ialah sdr. Rikardo Soba, sdr. Alfonsius Mau, sdr. Simforianus Goa, sdr. Septianus Alfera, sdr. Germanus Duur, sdr. Irfan Afriyanto, sdr. Putra Ngaso, sdr. Anjelinus Darmin, sdr. Bernardus Adriananta, sdr. Yoseph Lamapaha, sdr. Yoseph Ohoira.

Suasana pandemi yang mengharuskan perayaan ini dilaksanakan secara sederhana tidak menyurutkan kegembiraan yang terpancar dari wajah mereka. Tepat pukul 17.00 wib perayaan ekaristi pengikraran kaul pertama dimulai. Mewakili Provinsial OFM yang berhalangan hadir, Vikaris Provinsial, Sdr. Daniel Nahak OFM memimpin perayaan ekaristi dengan didampingi sdr. Oki Dwihatmanto OFM selaku Magister Novis, dan sdr. Anton Widarto OFM selaku Gardian Gardianat San Damiano Depok.

Dalam khotbahnya sdr. Daniel menekankan pentingnya pengalaman perjumpaan dengan Allah, entah dalam doa dan ekaristi, melalui kehadiran sesama, atau melalui alam ciptaan. Diharapkan agar melalui pengalaman perjumpaan yang telah dialami selama masa novisiat, para saudara muda yang baru saja mengikrarkan kaul memiliki bekal dalam mengenal kehendak Allah.

Menurut sdr. Anjelinus Darmin OFM, salah satu dari sebelas saudara yang mengikrarkan kaul, motto yang dipilih: “Di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa” (Yoh. 15:5a) hendak menggambarkan ketergantungan mereka kepada Tuhan, sebab mereka menyadari kerapuhan dan keterbatasan diri mereka sebagai manusia. Oleh karena itu, hanya dengan bantuan rahmat Allah mereka mampu menghadapi berbagai tantangan dalam hidup dan panggilan mereka.

Mari kita doakan para saudara ini agar setia dan tekun menghidupi panggilan sebagai seorang Saudara Dina.

 

Sdr. Ambrosius Haward, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *