Fransiskan Idol

Acara Fransiskan Idol dalam rangka 80 th OFM berkarya kembali di Indonesia

Acara Fransiskan Idol dalam rangka 80 th OFM berkarya kembali di Indonesia

Pada Agustus 2009, Depok memang sedang menjadi pusat kegiatan Persaudaraan. Jika di Novisiat, berkumpullah para misdinar dari paroki-paroki se-dekenat utara, di Paroki St. Paulus pada Sabtu, 22 Agustus 2009, OMK 5 Paroki Fransiskan JaDePun (Jakarta-Depok-Puncak) berkumpul dan bergembira bersama.

Ini merupakan kelanjutan kegiatan 800 tahun Ordo untuk OMK. Setelah OMK Cipanas dan Cianjur menggelar Fransiscan Youth Camp di Cibodas beberapa waktu yang lalu, kini OMK St. Paulus Depok menjadi tuan rumah untuk menggelar acara Franciscan Idol. Kegiatan ini sudah dimulai sejak siang dengan pertandingan futsal. Dan, pemenangnya adalah Paroki Hati Kudus Kramat.

Setelah para peserta beristirahat sejenak dan membersihkan diri, panitia segera mengantar para peserta menuju Gedung Graha Emanuel, Depok. Sekitar pukul 17.00 wib, acara Fransiscan Idol dibuka dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin secara konselebrasi oleh Sdr. Agung Suryanto, Sdr. Taucen, Sdr. Oki, dan Sdr. Jordan. Selesai perayaan Ekaristi, panitia langsung mengarahkan perhatian seluruh hadirin untuk mengikuti Opening Ceremony yang dikemas dalam bentuk audiovisual.

Begitu opening ceremony selesai, host acara yang sudah ada di panggung langsung mengundang dan memperkenalkan masing-masing peserta. Tiap-tiap paroki mengirim 2 atau 3 peserta untuk mengikuti ajang perlombaan menyanyikan lagu-lagu fransiskan. Pesertanya juga bukan penyanyi sembarangan karena sudah diseleksi lebih dahulu di masing-masing paroki. Yang menarik adalah lagu-lagu fransiskan yang selama ini sudah pakem ditelinga kita, bisa didaur ulang dengan gaya yang berbeda oleh para peserta. Contohnya lagu “Laudato sii”. Ada peserta yang menyanyikan lagu ini dengan gaya semi dangdut, ada yang membawakan dengan gaya Batak tetapi ada juga yang membawakan dengan gaya serius klasik.

Acara dikemas begitu bagus, tak kalah seru dengan American Idol (apalagi Indonesian Idol). Untuk komentator dipilihlah tiga orang yang memang bergelut di bidang seni suara. Sementara, sebagai juri votelock diundanglah para suster fransiskanes dan juga saudara muda fransiskan yang semua berjumlah sekitar 40an orang. Dan, yang terpilih sebagai Fransiscan Idol adalah peserta dari Paroki Hati Kudus Kramat : Sdr. Patris.

Puncak perayaan 800 tahun Ordo untuk OMK 5 Paroki Fransiskan akan di gelar pada 3 Oktober 2009 di Kramat. penanggung jawab perayaan puncak ini adalah OMK Paroki Hati Kudus Kramat dan OMK Paroki St. Paskalis Cempaka Putih.

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *