Fransiskan Internasional : 30 Tahun Di Perserikatan Bangsa-bangsa

 

Saudara-saudari,

Dengan penuh kegembiraan saya menyampaikan pesan ini atas nama Konferensi Keluarga Fransiskan.

Sebagai tanda perayaan 30 tahun kehadiran pelayanan bersama kita di PBB, kepada anda disajikan kisah-kisah (dalam booklet) yang menjadi jendela untuk menelusuri karya Fransiskan Internasional, baik di masa lampau maupun pada masa kini. Dengan (booklet) ini, kita juga sekaligus memberikan penghargaan kepada Saudara Dionysius Mintoff OFM dan Saudari Elizabeth Cameron OSF, yang pertama-tama menyadari keharusan Fransiskan untuk ikut ambil bagian bersama komunitas internasional dalam pencarian akan solusi-solusi yang baik, adil, dan berkepanjangan bagi permasalahan-permasalahan sosial dan lingkungan yang tidak kunjung usai.

Ketika mereka menyarankan untuk menyalurkan suara kita ke PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) pada tahun 1982, banyak dari antara kita yang secara spontan merasa cocok dengan ide ini. Nilai-nilai utama yang terabadikan dalam pembuatan piagam PBB menggemakan dedikasi Fransiskus serta Klara bagi perdamaian, orang miskin, dan bagi planet kita. Kita juga turut bertanggungjawab. Jika PBB sungguh merupakan forum yang berisikan para pemimpin dari seluruh dunia, yang berkumpul untuk membuat keputusan-keputusan penting bagi kita semua dalam rumah bersama ini, maka juga kita harus berada di sana – membangun jembatan, menyatukan orang-orang, dan membagikan kesaksian kita.

Meskipun kadang-kadang perkembangan pelayanan kita di PBB mengalami pergolakan, (pelayanan) ini adalah saluran yang berdaya guna untuk mengusahakan dialog dan perubahan yang positif. Melalui kehadirannya di New York dan Jenewa, pelayanan ini menguatkan suara saudari-saudara kita yang bekerja di antara rakyat jelata, di mana banyak dari mereka mendedikasikan kehidupannya bagi orang-orang yang mereka layani dan bagi mereka yang ditindas oleh kondisi-kondisi berikut – kondisi yang berlawanan dengan kehendak Tuhan, pelecehan terhadap kebebasan, martabat, dan integritas perkembangan setiap pribadi, komunitas, dan bangsa.

Tiga puluh tahun sejak FI (Fransiskan Internasional) diakui oleh PBB, kita menyadari bahwa kita berada di persimpangan sejarah yang ditandai sekaligus oleh harapan untuk berkembang dan juga ancaman kemunduran dan keterasingan. Seraya menghadapi tantangan ini, kita tetap yakin akan peran penting FI sebagai penyalur suara kita dalam PBB.

Atas nama dewan dan perwakilan dari Konferensi Keluarga Fransiskan, saya mengucapkan terima kasih kepada semua Fransiskan, dan kepada siapa saja yang sudah bekerja secara langsung maupun tidak langsung bersama FI selama lebih dari tiga dekade ini, dan menjamin komitmen kita kepada misi yang untuk itu (pelayanan) didirikan dan senantiasa meneruskan perjalanannya menuju komitmen tersebut.

Damai dan segala kebaikan.

Atas nama Konferensi Keluarga Fransiskan,

Sdr. Michael Perry, OFM

Minister General

 

 

Para Anggota Konferensi Keluarga Fransiskan (2020)

Michael Perry OFM • Carlos Alberto Trovarelli OFMConv • Roberto Genuin OFMCap

Amando Trujillo Cano TOR • Deborah Lockwood IFC-TOR • Tibor Kauser OFS

 

Booklet dapat diunduh di https://ofm.org/blog/franciscans-international-30-years-at-the-united-nations/

Diterjemahkan oleh sdr. Vincent Gabriel, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *