Fratres Minores in Nostra Aetate

[tab name=”Berita”]

capitulum-generale-2015

Para kapitularis mulai berdatangan pada hari Minggu, 10 Mei 2015. Kereta siang dari roma menuju assisi dipenuhi para saudara dina dari berbagai penjuru dunia yang hendak mengikuti kapitel. Setelah sampai di stasiun kereta api di Assisi, para saudara dengan koper masing-masing berjalan kaki menuju ‘domus pacis’ di depan Gereja Portiuncula, tempat diadakan kapitel general. Malam hari, sebagian beserta peserta kapitel telah tiba.

Senin, 11 Mei 2015 Kapitel dibuka dengan liturgi sabda di depan Gereja St. Maria ratu para malaekat Portiuncula yang dipimpin oleh Minister General dan Kardinal Francisco Javier Ossa yang diutus Paus Fransiskus untuk hadir selama kapitel. Upacara sabda dilanjutkan dengan perarakan Injil diikuti para saudara peserta kapitel memasuki Basilika dan dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi. Pada pukul 11 siang kapitel secara resmi dibuka oleh Minister General disertai dengan sambutan dari Kardinal dan ucapan selamat datang dari Minister provinsial Assisi. Hari pertama ini kemudian diisi dengan rekoleksi yang dipimpin oleh Fr. Mauro Johri OFMCap (minister general ofmcap).

Setelah hari kedua (Selasa, 12 Mei 2015) yang dihabiskan dengan menyelesaikan hal-hal teknis (menyepakati peraturan selama kapitel, pertemuan konferensi-konferensi, pemilihan moderator dll), hari ketiga (Rabu) hingga hari keenam (Sabtu siang) diisi dengan dua acara penting: laporan minister general dan tanggapan, serta presentasi Instrumentum laboris dan tanggapan.

Di samping mendengarkan dan memberi tanggapan atas laporan-laporan, pada minggu pertama ini para peserta kapitel diberi kesempatan juga untuk berziarah ke San Damiano, ke Assisi dan ke Lembah Rieti (Greccio dan Fonte Colombo). Di San Damiano (Rabu, 13 Mei 2015) acara diawali dengan ibadat di halaman tengah biara dilanjutkan dengan perarakan menuju kapel untuk beribadat bersama di sana. Para peserta diajak untuk mendengarkan kembali suara Tuhan yang memanggil Fransiskus untuk memperbaiki Gereja. Diharapkan, bahwa dalam diri para saudara dina senantiasa tumbuh kerinduan akan Tuhan sendiri seperti refren yang dinyanyikan selama perarakan: There is a longing in our hearts, O Lord, for you to reveal yourself to us. There is a longing in our hearts for love we only find in you, our God. Ziarah ke kota Assisi diatur sendiri-sendiri; banyak saudara yang berjalan kaki dari Portiuncula ke Assisi sambil berbagi pengalaman. Minggu pertama diakhiri dengan ziarah bersama ke Greccio dan Fonte Colombo.

Kontributor: Sdr. Adrianus Sunarko ofm

[/tab][tab name=”Foto-foto”]

cg15OFM12 (8) cg15OFM14 (8) cg15OFM33 (8) cg15OFM34 (8) cg15OFM64 (1) IMG_5807cOFM (9) IMG_5807cOFM (10) IMG_5819cOFM IMG_5825cOFM IMG_5833cOFM

GroupPhoto

[/tab][end_tabset]

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *