Janganlah Memperkaya Diri Dan Keluarga

[tab name=”Berita”]

“Para Imam baru janganlah memperkaya diri dan keluarga……” demikianlah petikan homili dari Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr. Antonio Guido Filipazzi saat mentahbiskan delapan imam dan empat diakon di Paroki Keluarga Kudus Cibinong, Keuskupan Bogor pada 8 Desember 2014.

Tepat pukul 10.00 WIB rombongan misdinar, calon diakon dan imam baru bersama kedua orangtua mereka serta para imam yang berjumlah sekitar seratus orang mulai berarak dari ruang sakristi di lantai dasar menuju ruang gereja. Di barisan belakang terlihat Uskup Pentahbis, Mgr. Antonio Guido Filipazzi didampingi Uskup Bogor (Mgr. Paskalis Bruno Syukur OFM), Pelayan Provinsi OFM Indonesia (RP. Adrianus Sunarko OFM), Rektor Seminari Tinggi Santo Petrus Paulus Keuskupan Bogor (RD. Nikasius Jatmiko), Yang mewakili Pimpinan Umum CSE (RP. Valen CSE) dan Pastor Paroki (RD. Michael Suharsono).

Dari delapam imam yang ditahbiskan ada lima dari tarekat OFM, dua dari tarekat CSE, dan satu dari Keuskupan Bogor. Lima calon imam dari OFM yaitu : Fr. Hans, Fr. Mino, Fr. Stefan, Fr. Patris dan Fr. Al Gesu. Dua calon imam dari CSE yaitu : Fr. Albertus dan Fr. Inno. Calon imam dari Keuskupan Bogor yaitu Fr. David. Sementara empat calon diakon berasal dari CSE dan Keuskupan Bogor. Calon diakon CSE yaitu : Fr. Boni dan Fr. Marsel. Calon diakon Keuskupan yaitu : Fr. Hiero dan Fr. Alva.

Bangunan gereja yang belum rampung itu tidak menyurutkan niat ribuan umat untuk hadir dalam peristiwa iman ini. Suasana keceriaan tampak di wajah setiap umat yang ikut perayaan. Mgr. Antonio menyampaikan homilinya dalam bahasa Indonesia. Ia menyampaikannya secara tertulis. Sesekali terdengar beberapa kosa kata yang keliru saat diucapkan.

Selain menyampaikan ajakan, “janganlah para imam baru memperkaya diri dan keluarga…” beliau juga mengajak para imam baru agar tidak berkhotbah dengan bahasa dagelan yang hanya membuat umat tertawa tetapi lebih mengutamakan ajaran yang meningkatkan iman umat. Seluruh rangkaian perayaan ekaristi pentahbisan berlasung sekitar empat jam. Setelah perayaan ekaristi acara dilanjutkan dengan santap siang bersama.

Kontributor : Sdr. Mateus Batubara OFM

[/tab][tab name=”Foto-foto”]

tahbisan-imam-desember-2014 (1)
tahbisan-imam-desember-2014 (2)
tahbisan-imam-desember-2014 (3)
tahbisan-imam-desember-2014 (4)
tahbisan-imam-desember-2014 (5)

[/tab][end_tabset]

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *