Kanonisasi Beato Ludovico da Casoria, OFM

Ludovico da CasoriaPada hari Minggu, 23 November 2014, bertepatan pada dua ratus tahun kelahirannya (1814-2014), Sri Paus Fransiskus menyatakan Santo kepada Beato Ludovico da Casoria, seorang imam dari Ordo Saudara-saudara Dina, yang menjadi pendiri kongregasi Suster-suster Fransiskan Elisabetin (Bigie).

Dia adalah seorang Saudara Dina yang unik: sungguh-sungguh menghayati karisma St. Fransiskus dalam hidupnya secara seutuhnya dan mengungkapkan penghayatannya itu dalam lingkungkan sosial zamannya. Di tengah-tengah bentuk-bentuk kemiskinan yang keras dan kejam, dia memikul tanggung-jawabnya secara aktif. Dia pun meleburkan dirinya dalam penderitaan orang-orang Kristiani di sekitarnya dengan perjuangan dan penderitaan mereka sehari-hari.

Kunci untuk memahami hidupnya terdapat secara utuh lengkap dalam Wasiatnya: “Tuhan telah memanggil saya kepada Diri-Nya dengan kasih yang sunguh-sungguh manis dan dengan kemurahan hati tanpa batas. Dengan mata-Nya Dia memandang diriku dan membimbing saya pada jalan hidupku. Dia pun menganugerahi saya, seorang pendosa ini, iman yang sedemikian besar, sehingga saya, dari hari ke hari menjadi semakin kaya, baik dalam tubuh maupun dalam jiwa. O, betapa banyak mukjizat yang telah terjadi dalam diriku berkat iman itu.”

Dalam Pujian kepada Yesus dan Fransiskus yang miskin. Amin.

Penyunting: Alfons S. Suhardi, OFM

Sumber: http://www.ofm.org/ofm/?p=8591&lang=en

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *