Kapitel Tikar untuk Saudara-saudara Dina “Di Bawah Sepuluh” 2012

[Index Berita]

logo-kapitel-tikar-2012Dengan suratnya tertanggal 24 April 2011, Minister General OFM telah menetapkan diadakannya Kapitel Tikar Jendral “Di Bawah Sepuluh”, yakni sebuah Kapitel Tikar dari Saudara-saudara Dina sedunia yang telah berprofesi kekal “Di Bawah Sepuluh Tahun”.

Setiap Provinsi atau Kustodi harus mengirim sekurang-kurangnya satu orang anggotanya yang sudah berkaul kekal kurang dari sepuluh tahun. Moto kapitel tikar jendral itu adalah: “Aspicientes in Iesum” (Dengan Mata Tetap Menatap pada Yesus). Dengan moto itu kita berkeinginan untuk memperdalam tema Kapitel, yakni “Identitas Saudara-saudara Dina dan (Delapan) Kebahagiaan”.

Dalam kesinambungan dengan Kapitel-kapitel sebelumnya, Kapitel Tikar yang berikut dari Saudara-saudara Dina di bawah sepuluh tahun ini “menginginkan menjadi momen yang khas, spesial, sehingga Minister General dan Definitoriumnya dapat mendengar suara-suara dari saudara-saudara yang lebih muda dan mengetahui segala impian dan kerinduan mereka, perjuangan dan pergulatan mereka, demikian juga kekhawatiran dan harapan mereka perihal masa depan. Kita juga mengharapkan bahwa Saudara-saudara yang lebih muda itu mempunyai kesempatan untuk mendengarkan Minister General dan Definitorium mereka dalam suatu suasana dialog persaudaraan yang sejati di antara para pesertanya.

Saya yakin, demikian tulis Minister General, bahwa akan menjadi sangat penting bahwa Kapitel itu akan dapat dibuka di Tempat peziarahan di Zapopan (Guadalajara) dan ditutup di Tempat peziarahan di Guadalupe (Mexico City).

Dalam kerangka ini kita dapat mendengar Maria berkata kepada kita, sebagaimana waktu di Kana di Galilea, “Kerjakan saja apa yang Dia katakan kepadamu”. Bila kita saling mendengarkan dan mendengarkan Dia, maka kehidupan kita akan – dikatakan secara Injili – bahkan menjadi lebih penting dan mengena.

Semua informasi perihal Kapitel Tikar “Di Bawah Sepuluh” dapat ditemukan di http://www.ofm.org/underten12/ atau dengan menulis kepada underten2012@ofm.org

(Sumber: Fraternitas, Februari 2012)
kontribusi dari P. Alfons Suhardi, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *