Kaul Pertama Novis OFM 2008 – 2009

kaul pertama novis ofm

Cuaca cerah, Saudara sang Surya mulai meredakan pendaran panasnya. Terlihat wajah-wajah ceria saling jumpa dan bertegur sapa. Tak lama, mereka mengisi bangku-bangku gereja St. Paulus Depok dan kemudian tenggelam dalam doa, bersatu dalam kegembiraan dan ungkapan syukur bersama Persaudaraan OFM Provinsi Indonesia.

Sore ini, 13 saudara novis OFM Provinsi Indonesia mengikrarkan Kaul Pertama di Gereja St. Paulus Depok (Rabu, 15 Juli 2009). Di tangan Minister Provinsi, mereka berprasetya untuk hidup dalam ketaatan, tanpa milik dan dalam kemurnian. Di hadapan umat yang menghadiri upacara ini, mereka juga berprasetya untuk dengan setia menepati Cara Hidup dan Anggaran Dasar Saudara-Saudara Dina.

Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Sdr. Adrianus Sunarko OFM sebagai Minister Provinsi didampingi oleh Sdr. Markus Gunadi OFM sebagai Gardian Rumah Biara Depok dan Sdr. Bonefasius Budiman OFM sebagai Co-Magister. Dalam homilinya, Minister Provinsi mengingatkan kepada ketiga belas saudara tersebut supaya kemana pun diutus, hendaknya mereka selalu berusaha untuk memperhatikan hidup doa, hidup berkomunitas dan berjumpa, memberi perhatian kepada orang miskin.

Selain pengikraran kaul pertama, di hari yang sama (pukul 09.00 WIB) diadakan upacara penerimaan Jubah Pertobatan untuk saudara-saudara yang akan mulai menjalani masa novisiat. Ada 16 orang muda yang menerima Jubah Pertobatan Fransiskan. Mereka berasal dari berbagai tempat seperti Lampung, Cianjur, Timor Leste, Manggarai, dll. Mereka ini adalah para saudara yang baru saja selesai menjalani masa Postulat entah di Jogja, di Pagal – Manggarai (Flores) atau pun di Timor Leste. (oq-2)

Post navigation

Komentar

  1. Ane
    November 7, 2009 at 18:14

    proficiat untuk semuanya

  2. Ane
    November 7, 2009 at 18:13

    proficiat buat semuanya

  3. Oktober 7, 2009 at 18:57

    Proficiat untuk adi-adik Novis dan Pasca Novisiat semoga cahaya suci santo Fransiskus Assisi menyertai jejak langkah hidup anda dalam doa,kerja dan belajar anda semua. Bakat dan talenta yang anda miliki dikolaborasi dengan spiritualitas fransiskan akan menjadi sebuah kekuatan yang maha dasyat. Damai bagimu, semua.

  4. Alfons Suhardi ofm
    Agustus 5, 2009 at 04:25

    Halo frei Vicente,
    saya senang bisa kontak di sini.
    Sekarang saya sedang melatih novis-novis di Depok ini meditasi AMR: Awareness Meditative Relaxation. Ini hari yang ke dua. Akan berakhir hari Sabtu pagi ini. Waktunya terbatas, karena itu kami adakan terus menerus dari jam 8.30 pagi sampai jam 9 malam. Acara makan, doa, renungan dan tidur yang biasa tetap berjalan.
    Mau tahu apa itu meditasi AMR?
    Ikut saja frei, saya sangat menikmati hasilnya: rohani dan jasmani!
    Salam AMR, salam dari semua novis, khususnya Jose dan Gerson.
    Alfons

  5. Agustus 2, 2009 at 21:48

    Saya bergembira merasakan kesatuan pelbagai bangsa dan suku, yg bergabung di dalam comunitas baru di depok. Kiranya kesaksian awal dari mereka itu untuk kita semua, merupakan nilaiistimewa di zaman globalizasi dengan Charitas in Veritate, dari Papa Bento XVI.

  6. Framinor
    Agustus 1, 2009 at 03:54

    Terima kasih atas masukannya, Pater. Kami sedang siapkan

  7. Alfons Suhardi ofm
    Juli 31, 2009 at 21:32

    Berita yang menggembirakan dan memberikan harapan pada masa depan Persaudaraan Fransiskan di Indonesia. Kita Patut bersyukur tiada taranya kepada Bapa di Surga dan Bapa Fransiskus, bahwa persaudaraan kita masih diberi kesempatan mengenyam banyaknya pemuda-pemuda yang berkeinginan untuk mengikuti Yesus Kristus dgn gaya bapa Fransiskus. Semoga mereka semua bisa mencapai cita-citanya itu dgn baik.
    Saya usulkan supaya dlm pemberitaan semacam ini dihiasi dgn satu dua foto yang mendukung peristiwa gembira tsb.
    Pace e Bene
    Alfons OFM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *