Kronik BASETA 6-8 Juni 2012 di Meksiko

[Index Berita]

Rabu, 6 Juni 2011
Hari ini cukup istimewa. Ada dua hal yang membuat hari ini tampak berbeda. Pertama, hari ini diabdikan secara khusus sebagai “hari misi dan doa bagi hidup panggilan religius”. Kami mendoakan secara khusus para saudara yang bermisi dan sore hari nanti, kami akan mengadakan kunjungan / misi ke tiga tempat yang berbeda di wilayah Guadalajara. Kedua, dalam ekaristi pagi hari kami mendoakan secara khusus para pelayan ordo kita yakni Minister dan para definitornya.

Minister general dalam kotbahnya mengingatkan kembali pentingnya misi baik ke dalam ordo / provinsi / kustodi fransiskan atau pun keluar dari provinsi dan kustodi dan menjadi misionaris di tanah misi. Pada ekaristi kudus ini, kami membaharui kembali profesi hidup religius sebagai fransiskan.

Setelah sarapan pagi ini, kami melanjutkan dengan refleksi tema pertemuan Under Ten “Sabda Bahagia dan Identitas Fransiskan” yang disampaikan oleh Sdr. Cesare, OFM, dosen spiritualitas fransiskan di Universitas Pontifical Antonianum – Roma. Kemudian para saudara diberi kesempatan berdiskusi tentang tema dalam kelompok kecil dan membagi hasil refleksi kelompok dalam diskusi bersama. (Saya akan share setelah kembali ke Roma).

Setelah makan siang, kami dibagi dalam tiga kelompok besar untuk “bermisi”. Kami mengunjungi saudara-saudara fransiskan di sekitar Guadalajara, bertemu dan bertatap muka serta berbagi bersama dengan para postulan (jumlahnya sekitar 30 orang), dengan ordo ke-3 sekular dan mudifra yang sangat antusias menghayati spiritualitas fransiskan. Kami mengunjungi rumah sakit dan panti jompo, bercerita dan menghibur mereka. Tampaknya mereka sangat terhibur dan senang dengan kehadiran para pengikut St. Fransiskus dari Asisi ini.

Kami akhiri hari ini dengan makan malam bersama dengan para saudara fransiskan dan ordo ke-3 sekular serta mudifra.

Kamis, 7 juni 2012
Hari raya tubuh dan darah Yesus Kristus yang mahakudus kami rayakan dengan membuat prosesi dan adorasi bersama di pagi hari yang cerah dan indah ini. Setelah sarapan pagi, pertemuan dilanjutkan dengan berdiskusi berkaitan dengan tema dan persiapan pesan final dari pertemuan ke-IV ini. Menjelang makan siang, hasil final pertemuan pun rampung dan dilanjutkan dengan press release agar pesan ini bisa diakses bersama.

Setelah makan siang, kami diberi kemungkinan untuk jalan-jalan bersama ke beberapa tempat di Guadalajara. Pantainya yang indah, membuat kami bertahan cukup lama untuk menatap saudari laut dibawah terik saudara matahari. Beberapa gereja dan pasar-pasar tradisional juga menjadi tempat-tempat andalan kunjungan kami.

Kami kembali ke rumah pukul 19.00 dan makan malam. Setelah makan malam, kami diundang oleh para saudara fransiskan provinsi Guadalajara bekerjasama dengan ordo ke-3 sekular dan mudifra untuk menyaksikan opera tentang Santa Clara. Opera yang berdurasi sekitar 1 jam 20 menit ini sungguh indah. Dalam hati saya berdoa, semoga demikian pula kerjasama antara para saudara provinsi kita dengan ordo ke-3 sekular serta mudifranya. Semoga….

Setelah pertunjukan selesai, kami rekreasi bersama. Ditemani terang bulan yang indah dan angin sepoi-sepoi serta minuman – makanan kecil, kami bercerita, bercanda dan berbagi bersama. Pada kesempatan bersama ini, kami juga merayakan secara sederhana hari ulang tahun dari Sdr. Michael Perry Anthony, OFM ( Vikaris General). Semoga kasih Yesus Kristus dan berkat Bapa Fransiskus senantiasa bersamamu Br. Michael. Sungguh indahnya kebersamaan dan persaudaraan fransiskan. Dalam keberbedaan kultur, negara, warna kulit dan ukuran tubuh, kami tetap bersaudara. Yes…kami bangga sebagai fransiskan muda, sebagai pengikut St. Fransiskus Assisi…

Jumat, 8 juni 2012
Hari ini setelah merayakan ekaristi kudus, kami bersiap-siap untuk berangkat ke Meksiko City. Beberapa saudara menggunakan bus dari Guadalahara ke Meksiko City (sekitar 8 jam). Sedangkan saudara-saudara yang lain memilih untuk menggunakan pesawat ( sekitar 1 jam). Rombongan saya tiba di Meksiko pkl. 14.00. Kami lalu bergegas ke provinsialat provinsi Meksiko. Setelah makan siang, kami mengunjungi Gereja St. Yohanes Pembaptis, dan melihat-lihat beberapa tempat terdekat dengan provinsialat.

Sore hari kami menanti kedatangan rombongan para saudara yang lain dari Guadalajara. Setelah makan malam, kami menikmati malam di Meksiko.

baseta-1

baseta-2

baseta-3

baseta-4

baseta-5

baseta-6

baseta-7

baseta-8

baseta-9

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *