Suasana dialog antara para Fransiskan dan umat Budha di Vihara Dharma Bhakti. Tampak Sdr. Bovan Lello, OFM (berjubah, kiri) dan Sdr. Damai Wasono, OFM (berjubah) sedang berbincang-bincang dengan umat Budha.

Pada senja hari Senin (28/03/2022), sekitar pukul 15.00-17.00 WIB, para Saudara Dina di Gardianat Monte Casale, Lampung mengunjungi umat Buddha di Vihara Dharma Bhakti, Kelurahan Batu Kebayan, Kecamatan Batu Ketulis, Kabupaten Lampung Barat. Ini merupakan kunjungan pertama para Fransiskan yang berkarya di Bumi Ruwa Jurai kepada umat Buddha di Vihara Dharma Bhakti.

Kunjungan berlangsung penuh keakraban dan bernuansa dialog iman. Saat tiba di Vihara Dharma Bhakti, para Saudara Dina disambut secara antusias oleh para pengurus, ibu-ibu, orang muda, dan anak-anak Vihara Dharma Bhakti. Para Saudara Dina diajak untuk berkeliling mengenali lingkungan Vihara yang dilanjutkan dengan sesi sharing kehidupan dari kedua belah pihak, terutama umat Buddha Vihara Dharma Bhakti. Kehadiran Sdr. Yustinus Damai Wasono, OFM yang pernah bermisi di Thailand dan bergaul dengan umat Buddha di sana turut menambah kekayaan sharing.

“Kami umat Buddha di Vihara Dharma Bhakti, Kelurahan Batu Kebayan terdiri dari delapan kepala keluarga. Sekarang ini, jumlah umat terus menurun mengingat generasi muda kami lebih memilih merantau daripada tetap tinggal di sini,” jelas Pak Winarno, salah seorang pengurus Vihara. “Di sini kami terus membangun dan menjaga hubungan baik dengan umat agama lain, terutama saudara-saudari kita umat agama Islam” lanjutnya. Beliau juga menjelaskan cukup sulit bagi umat Buddha di Vihara Dharma Bhakti mendapat kunjungan dari Bhante, karena jumlah mereka⎯para Bhante⎯masih sangat sedikit.

Setelah menerima kenang-kenangan berupa buku Tipitaka Tematik: Sabda Buddha dalam Kitab Suci Pali dari pengurus Vihara Dharma Bhakti, Sdr. Y. Bonivantura Lelo, OFM selaku  Gardian mengharapkan agar hubungan baik yang telah dimulai ini terus dijaga agar terciptalah damai dan toleransi di antara umat beragama. “Kami tidak membawa apa-apa untuk saudara-saudari umat Vihara Dharma Bhakti. Kami sengaja, supaya kami punya utang untuk datang kembali ke sini” candanya sambil berjabatan tangan dengan Pak Winarno.

Sdr. Stefanus Harkam Nampung, OFM

Ed. Sdr. Rio, OFM