Kursus Ajaran Sosial Gereja di Pagal – Flores

[Index Berita]

Rabu (21/3/2012), sekitar pukul 16.30 WITA enam belas orang anggota dewan paroki dari empat paroki yang dilayani para fransiskan (Paroki Kristus Raja Pagal, Manggarai, Paroki St. Fransiskus Assisi Karot, Manggarai, Paroki St. Fransiskus Assisi Tentang, Manggarai dan Paroki Yesus Kerahiman Ilahi Aeramo, Nagekeo) berkumpul di Pusat Pelatihan Ekopastoral Fransiskan Pagal, Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur untuk mengikuti kursus Ajaran Sosial Gereja sampai dengan tanggal 23 Maret 2012. Kegiatan itu merupakan kerjasama antara Komisi JPIC OFM Indonesia dengan para Pastor Paroki Fransiskan yang ada di Flores. Ketua panitia untuk kegiatan ini adalah Koordinator JPIC OFM Indonesia untuk Flores, Sdr. Aloysius Gonsaga Goa Wonga OFM. Pemateri untuk seluruh kegiatan ini adalah Sdr. Peter Aman OFM. Sementara moderatornya adalah Sdr. Mateus Batubara OFM. Kegiatan di hari pertama diisi dengan perkenalan di antara sesama peserta kursus.

Materi tentang Pengantar Ajaran Sosial Gereja diberikan kepada peserta pada Kamis, 22 Maret pukul 08.00 WITA sampai pukul 12.00 WITA dengan diselingi minum pada pukul 10.00 WITA sampai pukul 10.30 WITA. Lewat pengantar ajaran sosial gereja, Sdr. Peter Aman OFM menekankan pada para peserta bahwa ajaran sosial gereja merupakan suatu refleksi iman yang bersumber dari kitab suci dan ajaran bapa-bapa gereja untuk menanggapi situasi dan kondisi dunia yang senantiasa berubah. Beliau juga menekankan bahwa ajaran sosial gereja bukanlah suatu ideologi tersendiri yang ada dalam gereja. Setelah makan siang tepatnya pukul 14.00 WITA para peserta diberi tugas untuk menganalisa situasi sosial harian mereka lewat bantuan tiga pertanyaan dalam diskusi kelompok sampai dengan pukul 16.00 WITA. Setelah itu masing-masing kelompok akan mempresentasikan hasil temuan mereka. Tepat pukul 18.00 WITA rangkaian kegiatan hari itu ditutup dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh Sdr. Mateus Batubara OFM.

Jumat (23/3/2012), Sdr. Peter Aman OFM menguraikan beberapa hal yang berkaitan dengan nilai-nilai: Keadilan, Perdamaian dan Keutuhan Ciptaan. Beliau berusaha mengungkapkan pendasaran biblis dan teologis berkenaan dengan nilai-nilai tersebut. Penjelasan tentang materi ini berlangsung sampai dengan pukul 18.00 WITA yang diselingi dengan minum pada pukul 10.00 WITA sampai pukul 10.30 WITA dan makan siang pukul 12.00 WITA sampai pukul 14.00 WITA. Akhirnya seluruh rangkaian kursus ajaran sosial gereja dimahkotai dengan perayaan ekaristi pada pukul 18.30 WITA yang dipimpin oleh Sdr. Peter Aman OFM yang didampingi oleh Sdr. Ignas Wagut selaku Gardian Rumah Biara Flores, Sdr. Widi dan Sdr. Mateus Batubara. Hal yang menarik adalah bahwa semua saudara fransiskan yang ada di Gardianat Flores juga ikut ambil bagian dalam perayaan ekaristi itu. Sebelum berkat penutup ada rangkaian kata sambutan yang mewakili peserta dan juga pimpinan persaudaraan fransiskan di Flores. Bapak Leo Ngambul, utusan Paroki St. Fransiskus Assisi Karot sebagai wakil dari para peserta dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya serta pujian kepada Ordo Fransiskan yang telah memulai kegiatan pembekalan yang bermutu kepada para dewan paroki. Ia mengatakan bahwa kegiatan seperti ini adalah yang pertama di wilayah Keuskupan Ruteng.

Ia berharap agar kegiatan semacam ini tetap dilakukan di hari-hari yang akan datang. Sementara Sdr. Ignas Wagut OFM sebagai Pimpinan (Gardian) Rumah Biara Flores menyatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan kursus ajaran sosial gereja adalah hal yang baru di paroki-paroki. Ia sendiri menyadari bahwa pengetahuaannya tentang hal itu juga masih terasa minim karena sudah lama ditinggalkan saat masih duduk di bangku kuliah sebagai calon imam. Ia juga berharap agar para anggota dewan paroki yang ikut dalam kegiatan ini nantinya mampu mengaplikasikan pengetahuannya di parokinya masing-masing. Sesudah sambutan, para peserta dibagikan sertifikat tanda sudah pernah ikut kursus ajaran sosial gereja. Sertifikat dibagikan satu persatu kepada peserta oleh Sdr Mateus Batubara OFM.

kontributor: Sdr. Mateus Batubara, OFM

kursus-asg-di-pagal

kursus-asg-di-pagal

kursus-asg-di-pagal

kursus-asg-di-pagal

kursus-asg-di-pagal

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *