Jakarta, OFM– Sebanyak 36 Saudara Muda mengikuti kursus liburan yang berlansung selama sembilan hari.  Agenda tahunan ini dilaksanakan di STF Driyarkara, Rawasari, Jakarta Pusat. Kursus yang mengusung tema “Pewartaan di Era Digital” tersebut berlangsung pada Senin (11/7/2022) sampai dengan Rabu (20/7/2022). Di bawah pendampingan kedua pemateri, Wawan/abk (KOMPAS) dan Donum Theo (Kemkominfo), para Saudara Muda diharapkan memperoleh pemahaman memadai terkait cara mengulik aplikasi ZOOM dan jurnalisme berbasis penulisan secara baku.

Para Saudara Muda sedang menyimak penjelasan materi dari Wawan/abk, jurnalis KOMPAS yang menjadi pemateri dalam kursus liburan para Saudara Muda

Selama kursus berlangsung, kelas dijadwalkan berlangsung dari pukul 9.00 WIB sampai 16.00 WIB. Namun demikian, dalam praktiknya, karena halangan tertentu yang dialami oleh pemateri, kadang kelas baru akan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Walakin, proses pembelajaran tetap dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Dalam kelasnya, Wawan/abk memfokuskan diri untuk menjelaskan cara penulisan berita (hard news) dan feature yang baik dan benar, dengan bahasa yang baku dan ringkas khas jurnalistik. Beberapa tulisan yang menjadi bahan tugas para Saudara Muda dikupas untuk menjadi jembatan penjelasan bagi pemateri. Serentak dengan itu, disampaikannya juga beberapa tips rahasia dalam penyusunan tulisan sehingga dapat dihasilkan bahan bacaan yang berkualitas.

Sementara itu, Donum Theo melatih para Saudara Muda terkait cara mempersiapkan sebuah kegiatan webinar melalui aplikasi ZOOM. Beberapa pokok bahasan yang ditekankan misalnya, penyusunan tema, pembuatan rundown acara, pembuatan flayer, virtual background, pembagian tugas untuk anggota kelompok, trik promosi acara, dan pengoperasian perangkat ZOOM itu sendiri.

Agar mencapai target pembelajaran di dalam kelas, Saudara Muda ditantang oleh Donum Theo untuk menggelar dua kegiatan webinar. Adapun seluruh kepanitiaan dan agenda kerja ditanggung sendiri oleh para frater. Alhasil, dua acara webinar berhasil dilaksanakan pada Senin (18/7/2022) dan Selasa (19/7/2022).

Webinar bertema “Cerita para Fransiskan di Masa Pandemi” menjadi realsisasi materi kursus terkait optimalisasi penggunaan aplikasi ZOOM. Tampak pada tangkapan layar, Sdr. John Tukan, Kepala Sekolah SMP Fransiskus menjadi salah satu pemateri.

Mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan kursus ini pada Rabu (20/7/2022), Pater Oki, selaku penanggung jawab kursus, menyampaikan apresiasinya kepada peserta. Juga tidak lupa pesan, agar semua hal yang telah diterima selama pekan kursus ini terus dikembangkan, demi kebaikan pribadi maupun persaudaraan secara umum.

“Para Saudara Tua sangat mengapresiasi keberhasilan para Saudara Muda dalam menggelar dua acara webinar. Ini merupakan modal yang sangat besar. Ke depannya, para saudara tentu saja dapat dilibatkan dalam berbagai kegiatan webinar provinsi”, demikian ucap Pater Oki menyiratkan peluang keterlibatan Saudara Muda dalam ragam kegiatan webinar provinsi ke depannya. Sebagai tanda terima kasih kepada pemateri, diwakili oleh ketua FORKASI, Fanro, para Saudara Muda menyerahkan sertifikat kepada Wawan/abk dan Donum Theo.

            Kontributor: Sdr. Tian Gunardo, OFM

Ed.: Sdr. Rio, OFM

Tinggalkan Komentar