Jakarta, OFM – Pada Sabtu, 12 Agustus 2023, para Saudara Muda Fransiskan melaksanakan sharing bersama dengan Definitor General OFM untuk Asia-Oseania, sdr. John Wong, OFM. Saudara John, yang pada tahun ini berkesempatan untuk melaksanakan visitasi ke provinsi-provinsi OFM di Asia, tidak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk mengunjungi saudara-saudara di Provinsi St. Michael Malaikat Agung Indonesia. Kehadiran saudara ini turut mengundang semangat para Saudara Muda Fransiskan untuk menimba pelbagai pengalaman dari beliau. Alhasil, dijadwalkanlah kegiatan sharing antara sdr. John dan para Saudara Muda. Sharing dimulai pada pukul 09.00 WIB dan bertempat di aula SMA Fransiskus II, Kampung Ambon, Jakarta Timur.

Suasana sukacita sharing di Aula SMA Fransiskus II, Kampung Ambon.

Adapun kehadiran sdr. John disambut dengan tarian khas Batak yang dibawakan oleh enam Saudara Muda. Setelah itu, sdr. John, dalam sambutannya, menyampaikan perasaan sukacitanya karena boleh kembali menjejaki tanah Indonesia. “Saya sangat senang karena setelah dua puluh lima tahun, saya tinggal dan menjalani Tahun Orientasi Pastoral (TOP) di provinsi ini, akhirnya saya boleh kembali ke tempat ini,” ungkap sdr. John.

Dalam kegiatan sharing yang dilaksanakan dalam bahasa Inggris ini, para Saudara Muda terlihat antusias untuk bertanya, berdiskusi, serta mengulik pengalaman sdr. John selama menjadi Fransiskan. Tidak hanya itu, bahkan para saudara yang menyaksikan jalannya sharing secara daring melalui Zoom, juga turut aktif mengajukan pertanyaan.

Ketika ditanya tentang dilema pilihan antara panggilan menjadi imam atau bruder, sdr. John punya jawaban yang menarik: “we are not called first to be priests or lay brothers but, to be happy friars.” “Para saudara dipanggil pertama-tama bukan untuk menjadi imam atau bruder, melainkan untuk menjadi Fransiskan yang bahagia. Apabila saudara bahagia menjalani cara hidup ini, maka dengan demikian Allah telah berkarya dalam diri saudara dan saudara tidak perlu bingung untuk menentukan pilihan selanjutanya,” tukas Sdr. John.

Pada akhir sesi sharing, Sdr. Alfonsius Mau, OFM (kiri) menyerahkan kenang-kenangan hasil karya Sdr. Kristian, OFM kepada Sdr. John Wong, OFM.

Di sela-sela sharing, para saudara juga dihibur oleh penampilan dari F-Minor Band. Rangkaian kegiatan sharing diakhiri pada pukul 12.00 WIB dengan makan siang bersama. Kiranya melalui perjumpaan dengan sdr. John, para Saudara Muda dapat kian memantapkan pilihan untuk menjalani cara hidup Fransiskan dengan penuh kebahagiaan.

 

Kontributor: Sdr. Evaristus Dwiputra Rodriques Adu, OFM

Ed.: Sdr. Vincent, OFM

Tinggalkan Komentar