Menjadi Saudara Bagi Semua

Hari Senin (4 Oktober 2010) merupakan hari yang istimewa. Sekitar 200-an saudara-saudari yang tergabung dalam keluarga besar Fransiskan/nes Jakarta (KANESTA) berduyun-duyun ke aula lantai 3 Paroki Hati Kudus Kramat. Mereka berkumpul untuk merayakan pesta St. Fransiskus Assisi. Perayaan ini dikemas dalam tema besar “Menjadi Saudara Bagi Semua”.

Acara dimulai pukul 16.00 WIB dengan perayaan ekaristi. Tiga saudara dari Ordo Pertama bersama-sama mempersembahkan perayaan ekaristi ini. Mereka adalah Sdr. Peter Aman OFM sebagai selebran utama didampingi oleh Sdr. Aleks Silaen OFMCap dan Sdr. dari OFMConv.

Setelah perayaan ekaristi, kemudian dilanjutkan dengan acara ramah-tamah persaudaraan. Tidak banyak acara dalam kesempatan ini. Selain sambutan dan pengumuman dari Ketua Panitia dan Ketua KANESTA, saudara-saudari juga dihibur dengan drama singkat. Drama yang merupakan hasil kerjasama antara Komunitas OFM Padua dan Komunitas FSE Cempaka Putih ini berjudul “Roti Fransiskus”. Dalam drama ini dikisahkan bagaimana Fransiskus meninggalkan kemapanan keluarga dan kemudian berbagi roti dengan penderita kusta. Perayaan pesta Fransiskus ini ditutup dengan santap malam bersama.

Salah satu hal yang sangat menarik dalam acara ini adalah hadirnya sejumlah saudara berpakaian seragam putih. Mereka adalah para aspiran OFS (Ordo Fransiskan Sekular) dari Paroki St. Clara Bekasi. Sungguh ini merupakan sebuah anugerah Tuhan yang luar biasa. Ternyata semangat dan cara hidup Bapa Fransiskus masih actual dan masih menarik perhatian orang-orang zaman ini.

Selamat Pesta St. Fransiskus Assisi.

Beragam Putra-Putri FransiskusBeragam Putra-Putri Fransiskus.

Drama Roti FransiskusDrama Roti Fransiskus.

Menjadi Saudara Bagi SemuaMenjadi Saudara Bagi Semua.

saling berbagi damai sebagai saudaraSaling berbagi damai sebagai saudara.

Tarekat boleh berbeda tetapi tetap bersatu untuk menepati Injil sesuai teladan Bapa FransikusTarekat boleh berbeda tetapi tetap bersatu untuk menepati Injil sesuai teladan Bapa Fransikus.

Tiga Saudara dari Ordo Pertama (Conventual, Fransiskan, Capusin)Tiga Saudara dari Ordo Pertama (Conventual, Fransiskan, Capusin).

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *