Pembaharuan Janji Setia Kepada Gereja

Kamis (16/4/2015), putra-putri Santo Fransiskus Assisi yang ada di wilayah Keuskupan Agung Jakarta berkumpul di Aula Paroki Santo Bonaventura Pulomas yang berada di lantai tiga. Sudah menjadi tradisi bahwa setiap tanggal 16 April semua putra-putri Santo Fransiskus Assisi membaharui janji setia pada Gereja. Rangkaian acara pembaharuan janji setia itu diawali dengan kegiatan seminar dengan tema “Mendalami Hidup Bakti dari Perspektif Keuskupan Agung Jakarta dan Fransiskan”.

Seminar dimulai tepat pukul 16:00 WIB. Tampil sebagai narasumber dalam seminar itu yaitu Mgr. Ignatius Suharyo Pr dan Rm. Adrianus Sunarko OFM (Pelayan Provinsi OFM Indonesia). Rm. Adrianus Sunarko menyampaikan refleksi atas Pesan Bapa Suci Fransiskus dalam menyambut Tahun Hidup Bakti. Ia mengawali refleksinya dengan menyampaikan bahwa tujuan dari Pesan Bapa Suci ada tiga hal yaitu : mengenang masa lalu dengan penuh syukur, menghayati masa kini dengan penuh semangat dan menatap masa depan dengan penuh harapan. Lebih jauh beliau mengungkapan sejumlah harapan Bapa Suci. Pertama, para religius dipanggil untuk selalu bersukacita. Kedua, para religius dipanggil untuk membangunkan dunia. Ketiga, para religius dipanggil menjadi “pakar dalam kasih persaudaraan”. Keempat, para religius dipanggil untuk keluar dari diri sendiri dan pergi ke perbatasan-perbatasan. Kelima, para religius dipanggil untuk bertanya terus-menerus, “apa yang diminta Tuhan dan masyarakat kita saat ini?”

Sementara Mgr. Ignatius Suharyo menyampaikan refleksinya terkait hidup bakti dalam perspektif Keuskupan Agung Jakarta. Beliau memaparkan bahwa persoalan utama umat di Keuskupan Agung Jakarta adalah pertanyaan tentang gambaran manusia akan Allah. Ia menambahkan bahwa ketika kemapanan, keteraturan dan teknologi menguasai pola hidup manusia maka ada pergeseran akan gambaran Allah yang diimaninya. Di akhir refleksinya beliau memberi pekerjaan rumah bagi para putra-putri Santo Fransiskus Assisi untuk menjawab pertanyaan, “Seperti apakah pengalaman Santo Fransiskus tentang Allah?”. Saat seminar berakhir semua peserta bergerak turun ke lantai satu menuju Gereja Paroki untuk merayakan ekaristi pembaharuan janji setia pada Gereja. Semua rangkaian acara hari itu ditutup dengan resepsi bersama di Aula Paroki.

Kontributor : Sdr. Mateus Leonardus Batubara OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *