Pertemuan Para Animator JPIC

[Index Berita]

Para animator JPIC keluarga besar fransiskan-fransiskanes di Indonesia yang tergabung dalam INFO JPIC (Intern Franciscans for JPIC) merapat sejenak di Bumi Sriwijaya dari 21 sampai dengan 30 Agustus 2012. Kegiatan ini merupakan program tahunan INFO JPIC Indonesia untuk saling memperkaya di antara para animator JPIC masing-masing tarekat. Tuan rumah atau panitia untuk pertemuan yang keenam ini adalah Para Saudari Charitas (FCh). Pertemuan kali ini diselenggarakan di Rumah Retret Giri Nugraha, Km. 7, Palembang. Peserta yang hadir ada sebanyak enam puluh dua orang yang berasal dari 16 tarekat keluarga besar fransiskan-fransiskanes (FCh, OFM Cap Provinsi Medan, OFM Cap Provinsi Sibolga, OFM, MTB, FSGM, FMM, SFD, KSFL, SFS, FCJM, OSF Sibolga, OSF Semarang, FSE, KFS dan OFS) ditambah dari luar keluarga besar fransiskan-fransiskanes yaitu SCJ dan Projo (PR) Keuskupan Palembang.

Di hari pertama, 21 Agustus 2012 para peserta disatukan dalam perayaan ekaristi. Perayaan ekaristi dimulai tepat pukul 17.00 WIB yang dipimpin oleh Vikjen Keuskupan Agung Palembang, P. Felix Astono, SCJ dan didampingi oleh P. Peter Aman, OFM, P. Dionisius Laia, OFM Cap, P.Thejo Antoro, SCJ, P.Paulus Tugiyo, Pr, P. Stefanus Surawan, Pr dan P.Antonius Dwi Pramono, SCJ. Dalam homilinya, Vikjen mengajak para animator JPIC untuk menjadi gembala yang peduli dan peka akan situasi zaman. Beliau mengungkapkan kutipan Injil Lukas 4:18-19, “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang” menjadi arah dan tugas para animator JPIC.

Sesudah perayaan ekaristi, Sr. M. Melanie FCh (Pemimpin Umum FCh) menyampaikan sambutannya di hadapan para peserta. Beliau menyampaikan ucapan Selamat Datang kepada para peserta. Ia menggarisbawahi tema pertemuan INFO JPIC kali ini yaitu, “Pendalaman dan pemahaman nilai-nilai dan spiritualitas Fransiskan di bidang JPIC dan Pelatihan Paralegal untuk animator JPIC.” Lebih jauh ia menegaskan bahwa pendalaman dan pemahaman nilai dan spiritualitas Fransiskan di bidang JPIC dilihat sebagai suatu keharusan dalam upaya untuk semakin mendalami dan menghayati panggilan kefransiskanan kita dan juga sebagai utusan Tuhan dalam konteks sekarang. Kemudian ia menambahkan bahwa pelatihan paralegal dimaksudkan supaya para animator JPIC memiliki bekal hukum dalam mengadvokasi. Sesudah sambutan beliau memukul gong sebagai tanda dimulainya pertemuan INFO JPIC tahun 2012 di Palembang.

Para pemateri selama pertemuan yaitu: Sdr. Peter Aman, OFM, Sdr. Guido Situmorang, OFM Cap dan Sdr. Hilarius Kemit OFM. Sdr. Peter menyampaikan nilai-nilai dan spiritualitas JPIC dalam terang Ajaran Sosial Gereja. Sdr. Guido memaparkan nilai-nilai dan spiritualitas JPIC dalam terang Semangat Bapa Fransiskus Assisi. Sementara Sdr. Hilarius Kemit menjelaskan beberapa hal terkait “Pelatihan Paralegal”. Di sela-sela pertemuan para Saudari Charitas juga mengadakan pameran kreativitas hasil kerajinan tangan mereka yang diolah dari bahan baku sampah seperti plastik bungkus deterjen, air minum dan lain sebagainya menjadi tas. Seluruh rangkaian pertemuan tahunan INFO JPIC kali ini ditutup dengan perayaan ekaristi pada 30 Agustus 2012. (Kontributor : Sr. M. Luciana, FCh)

pertemuan-para-animator-jpic-1
pertemuan-para-animator-jpic-1
pertemuan-para-animator-jpic-1
pertemuan-para-animator-jpic-1
pertemuan-para-animator-jpic-1
pertemuan-para-animator-jpic-1

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *