Sdr. Febrian Pranatasukma, OFM adalah seorang Fransiskan asal Indonesia yang menjadi Misionaris di Tanah Suci. Beliau tinggal saat ini di Komunitas Nazareth dan bertugas di Basilika Kabar Sukacita (Basilica of Annunciation). Simak sharing pengalamannya dalam bertugas memastikan perayaan liturgi berjalan dengan baik di situs keluarga kudus tersebut.

 

Pada bulan Maret, komunitas kami merayakan dua pesta besar dalam Gereja yakni Pesta Santo Yusuf (19 Maret) dan Hari Raya Kabar Sukacita (25 Maret). Di Basilika Kabar Sukacita, kami merayakan pesta besar Santo Yusuf pada tanggal 20 Maret 2023 dalam perayaan ekaristi meriah. Perayaan itu dipimpin oleh Kustos Tanah Suci yakni Sdr. Francesco Patton OFM. Setelah perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan makan bersama dan ramah-tamah persaudaraan.

 Pesta St. Yusuf

Rangkaian acara dimulai pada pukul 10.00 waktu setempat dengan pertemuan gardianat Nazareth. Pada pertemuan tersebut, para Saudara Dina menyimak laporan perjalanan Sdr. Francesco Patton OFM ke Syria. Dalam laporannya, Kustos mengisahkan pengalaman mengunjungi tempat-tempat para Fransiskan membantu korban gempa bumi, seperti di Aleppo dan Damaskus.  Setelah itu, diadakan doa Angelus. Doa didaraskan di Kapel St. Yusuf dan doa Angelus juga dimodifikasi untuk merenungkan peristiwa St. Yusuf.

Alih-alih Malaikat Tuhan memberi kabar kepada Maria, doa yang pertama adalah, “Malaikat menampakkan diri kepada Yusuf dalam sebuah mimpi.” Kemudian, doanya bukan salam Maria melainkan “Salam Santo Yusuf, engkau terberkati di antara para lelaki. Terpujilah buah tubuhnya Maria, Yesus.” Sebuah doa yang didedikasikan untuk menghormati Santo Yusuf persis di rumah dan tempat kerjanya. Di komunitas Nazareth sendiri, doa penghormatan terhadap santo Yusuf ini didaraskan setiap hari Rabu.

Perayaan Ekaristi Pesta St. Yusuf dipimpin oleh Kustos Tanah Suci, Sdr. Franciscus Patton, OFM. Foto: Christian Media Center-English

Setelah doa, acara dilanjutkan dengan makan siang meriah. Hadir juga pada makan siang itu para saudara dari gardianat Yerusalem. Sdr. Rodrigo OFM (pelayan gardianat Yerusalem) menjadi sebagai pemimpin rombongan Yerusalem tersebut.

Rangkaian perayaan ekaristi dimulai dengan prosesi dan doa di depan rumah Bunda Maria. Prosesi mengarah ke Basilika Kabar Sukacita. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Kustos Tanah Suci. Perayaan Ekaristi dibawakan dalam berbagai bahasa: Arab, Latin, Inggris, Italia dan lain sebagainya. Setelah berkat penutup, semua umat menuju ke Gereja Santo Yusuf dan berdoa di sana. Rangkaian pesta diakhiri dengan makan malam bersama di Casa Nuova, sebuah penginapan di depan kompleks Gereja yang juga dikelola oleh para Fransiskan.

Pesta St. Yusuf

Hari Raya Kabar Sukacita (25 Maret) tahun ini jatuh pada hari Minggu. Oleh karena itu, di tempat ini (Basilika Kabar Sukacita), kami merayakan hari istimewa tersebut pada keesokan harinya (26 Maret 2023).  Rangkaian acara dimulai pada Minggu sore dengan doa sore meriah lengkap dengan prosesi yang dipimpin langsung Uskup (Patriarkh) Katolik Yerusalem yakni Mgr. Pierbattista Pizzaballa.

Para pengunjung Basilika Kabar Sukacita, tempat Bunda Maria menerima Kabar Gembira dari Malaikat Gabriel.

Keesokan paginya, rangkaian acara dilanjutkan dengan perayaan Ekaristi. Seperti biasa, perayaan Ekaristi dibawakan dalam berbagai bahasa yakni Latin, Arab, Italia dan Inggris. Perayaan Ekaristi tersebut dirayakan secara konselebrasi. Sebanyak 50 imam turut dalam misa tersebut serta dihadiri oleh kurang lebih 700 orang. Sebagian dari umat yang hadir merupakan umat paroki setempat (Arab Katolik). Rangkaian acara meriah ini ditutup dengan santap bersama di penginapan Nuova Casa, di depan Basilika Kabar Sukacita.

Kontributor: Sdr. Angelus Febrian Pranatasukma OFM

Tinggalkan Komentar