Profesi Kekal 4 Saudara OFM di Tanah Papua

Bertempat di Aula St. Clara Sentani Jum’at, 21/09/2012, empat Frater OFM Kustosdi Fransiskus Duta Damai Papua mengikrarkan Profesi Kekal di hadapan Pater Kustos, P. Gabriel Ngga OFM dan sekitar 200 orang yang hadir, terdiri dari Para Pater OFM yang berkarya di Tanah Papua, Saudara Muda, Para Suster SMSJ, KSFL, FSGM, SSpS, PRR, Imam Diosesan, OSA, keluarga dan tamu undangan . Mereka adalah Fr. Ambrosius Sala OFM, Fr . Maximilianus Dora OFM, Fr. Didimus Kosi OFM dan Br. Eligius Furimbe OFM.

Perayaan ini terangkum dalam rangkaian Misa Syukur 75 tahun kehadiran OFM di tanah Papua dan terselesainya Kapitel Tikar yang berlangsung dari tanggal 17 – 21/09/2012. Bisa di mengerti jika semua anggota Ordo hadir dalam perayaan ini.
P. Gabriel Ngga yang didampingi P. Adrianus Sunarko, Pater Provinsial Santo Mikael Malaekat Agung Indonesia, P. Jan Van den Eijnden, Pater Provinsial Belanda dan Diakon Timotius Sefire dalam kotbahnya mengatakan “Mereka yang di utus ke tanah Papua ini bukan karena mereka orang hebat tetapi karena Tuhan sendirilah yang memilih dan memanggil mereka. Tuhan mengutus mereka dan menghendaki mereka untuk hadir di tanah Papua ini”.

“Tantangan dan kesulitan tentunya tidak sedikit, namun kesediaan mereka untuk diutus dan melaksanakan kehendak Tuhan itu kiranya yang menjadi keutamaan. Dan ini hanya mungkin oleh karena iman mereka yang begitu besar kepada Tuhan. Iman itu di tunjukkan melalui sikap tetap setia dan tetap berjuang kendati tantangan begitu besar” demikian paparnya.

Demikan juga beliau mengatakan bahwa keempat Saudara Muda yang mengikrarkan Profesi Kekal bukan karena mereka ganteng, cerdas, hebat atau kemauan mereka semata tetapi karena Tuhan menghendaki mereka untuk mengikuti jejak Yesus Kristus dalam cara hidup Fransiskus dari Asisi.

Dalam kesempatan ini pula Pater Gab, demikan panggilan akrab Pater yang lahir di Manggarai, 12 Oktober 1962 ini mengajak kepada semua yang hadir untuk meneruskan segala sesuatu yang telah dimulai oleh para pendahulu dengan penuh semangat, kerelaan dan kesetiaan. “Marilah kita meneruskan apa yang telah dimulai oleh para pendahulu karena kita yakin Tuhanlah yang memulai semua ini, dan Tuhan pula yang akan menyelesaikannya” demikian tegasnya.

Seusai perayaan Ekaristi dilanjutkan sambutan dari Pater Kustos, perwakilan dari Keluarga, wakil dari Sang pestawan, kemudian persembahan drama musikal dari Suster FSGM dan paduan suara dari Mudifra. Selanjutnya makan malam sekaligus ramah tamah. Tidak ketinggalan tarian Ja’i turut menghangatkan suasana.

Kontributor: Sr. M. Oktavianie FSGM[/tab][tab name=’Foto-foto’]

kaul-kekal-ofm-papua-1
kaul-kekal-ofm-papua-2
kaul-kekal-ofm-papua-3
kaul-kekal-ofm-papua-4
kaul-kekal-ofm-papua-5

[/tab][end_tabset]

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *