Profesi Pertama Dua Belas Saudara Fransiskan

[Index Berita]

Minggu (15/7/2012), Pelayan Provinsi OFM Indonesia, Sdr. Adrianus Sunarko, OFM menerima profesi pertama dua belas saudara fransiskan yang baru saja menyelesaikan masa novisiatnya di Kapel Novisiat Transitus Depok. Turut hadir mendampingi beliau di altar yaitu: Sdr. Taucen Hotlan Girsang, OFM selaku Gardian Rumah Biara San Damiano di Depok dan Sdr. Bonefasius Budiman, OFM selaku Magister Novis. “Jumlah dua belas berarti menunjuk jumlah dua belas rasul Kristus,” ungkap Sdr. Taucen di bagian pengantar dalam perayaan ekaristi. Ia juga menegaskan bahwa murid-murid Kristus yang dimaksud di sini adalah pasca kebangkitan karena tidak seorang pun dari kedua belas calon profesi pertama ini mau diidentikan sebagai Yudas Iskariot (yang mengkhianati Yesus). Kedua belas saudara tersebut adalah : Sdr. Marciano Almeida Soares, Sdr. Zeferino Sousa Fernandes, Sdr. Paulinus Milsang Adirmin, Sdr. Bonifasius Ogur, Sdr. Alexander Nantu, Sdr. Didimus Polong, Sdr. Yanuarius Kanmese, Sdr. Eduard Salvatore da Silva, Sdr. Agustinus Pea Mole, Sdr. Leonardus Yoritomo Adhiprabowo, Sdr. Yohanes Mario Vianney, dan Sdr. Fransiskus Sulaiman.

“Panggilan mengikuti Kristus seturut jalan Bapa Fransiskus dari Assisi adalah pilihan yang berani dari kedua belas saudara ini,” kata Sdr. Adrianus Sunarko, OFM dalam homilinya. Keberanian itu tampak dari niat untuk hidup sebagai saudara dina yang berarti mengingkari gaya hidup anak muda jaman ini yang dibayangi budaya konsumeristis dan hedonistis. Lebih jauh beliau menekankan tiga hal yang senantiasa harus mereka hidupi sebagai saudara dina yaitu: pertama, hidup doa yang terus-menerus. Kedua, semangat untuk membangun hidup bersaudara. Dan ketiga, semangat untuk peduli pada orang-orang miskin.

Perayaan ekaristi pengikraran profesi pertama terasa meriah dengan kehadiran kelompok paduan suara lingkungan Santo Bonaventura Paroki St. Paulus Depok. Perpaduan antara suara dan alat musik biola, gendang serta keybord menambah semaraknya suasana perayaan ekaristi. Seluruh rangkaian pengikraraan pertama ditutup dengan santap malam bersama di aula novisiat Transitus.

Kontributor : Sdr. Mateus Batubara OFM

profesi-pertama-2012-1

profesi-pertama-2012-2

profesi-pertama-2012-3

profesi-pertama-2012-4

profesi-pertama-2012-5

profesi-pertama-2012-6

profesi-pertama-2012-7

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *