Program On-Going Formation di Samadi

Senin (4/11/2013), Rumah Retret Samadi, Klender, Jakarta Timur terlihat ramai dengan hadirnya para saudara dina fransiskan yang tergabung dalam barisan usia kaul kekal di bawah sepuluh tahun. Semuanya berjumlah dua puluh tiga saudara. Terlihat hadir dalam rombongan itu moderator on-going formation Provinsi OFM Indonesia periode 2013-2016, Sdr. Michael Peruhe OFM. Para saudara berkumpul bersama dalam rangka mengikuti program ongoing formation.

Kegiatan kali ini adalah belajar bersama tentang Public Speaking. Tepat pukul 16.00 WIB semua saudara berkumpul di ruang pertemuan di dampingi oleh tiga orang nara sumber. Ketiga nara sumber itu adalah Donny de Keizer (Ketua Umum Asosiasi MC Indonesia/AMCINDO), Tantri Moerdopo (presenter Metro TV) dan Kristian Panggabean (Public Speaker). “Kami berasal dari lembaga Sharing Institute,” ungkap Bapak Donny di awal perkenalannya.

Lebih jauh broadcaster di stasiun TV Beritasatu itu mengatakan bahwa Semangat Berbagi adalah ciri utama dari lembaga mereka. “Berbagi materi mungkin sudah banyak dilakukan oleh yang lainnya. Namun, berbagi ilmu dan kemampuan secara gratis kiranya masih minim terlihat. Kami hadir untuk berbagi ilmu bagi para romo, frater dan bruder fransiskan,” ujar Tantri saat perkenalannya.

Tidak ketinggalan Bapak Kristian Panggabean tampil memperkenalkan dirinya dengan joke-joke segar dan lucu yang membuat suasana terlihat cair. Kegiatan itu berlangsung sampai dengan keesokan harinya, 5 November 2013. Satu persatu para saudara dilatih untuk semakin efektif dan penuh percaya diri saat berbicara di depan publik. Berbagai ilmu public speaking ditularkan kepada para saudara.

Secara khusus di malam hari tanggal 4 November 2013 para saudara berbicara dari hati ke hati dengan moderator on-going formation terkait usul-usul untuk program dihari yang akan datang. Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan makan siang bersama.

Kristian Panggabean menyampaikan materi pada para peserta

Kristian Panggabean menyampaikan materi pada para peserta

Sdr. Bovan bersimulasi Khotbah

Sdr. Bovan bersimulasi Khotbah

Pelayan Provinsi Sdr. Adrianus Sunarko OFM  berfoto bersama dengan para saudara fransiskan dan tiga nara sumber

Pelayan Provinsi Sdr. Adrianus Sunarko OFM berfoto bersama dengan para saudara fransiskan dan tiga nara sumber

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *