Proses Pemilihan Minister General

Jose Carbalho OFM saat berkunjung ke Indonesia tahun 2009

Jose Carbalho OFM (tengah) saat berkunjung ke Indonesia tahun 2009

Paus Fransiskus menunjuk Minister General OFM, Sdr. Jose Rodriquez Carballo menjadi Sekretaris Kongregasi Hidup Bakti pada 6 April 2013. Beliau akan ditahbiskan sebagai Uskup pada 18 Mei 2013 di Basilika Santiago de Compestela di Spanyol. Penunjukkan ini menyebabkan Ordo Saudara-Saudara Dina tidak memiliki Minister General untuk sementara waktu.

Vikaris General, Sdr. Michael A. Perry, OFM dalam Surat Persaudaraannya kepada para saudara dina di seluruh dunia tertanggal 17 April 2013 (Prot: 103769) menyampaikan proses pemilihan Minister General yang baru. Proses pemilihan itu dilakukan berdasarkan Konstitusi Umum Tarekat Saudara-Saudara Dina artikel 201 paragraf 1, “Jika jabatan Minister General menjadi lowong di luar Sidang sebelum Pesta Pentekosta dalam tahun yang mendahului Sidang Umum, maka pemilihan Minister General yang baru untuk menggenapi rentang waktu enam tahun dilaksanakan oleh para Ketua serta Wakil-wakil Ketua Konferensi para Minister provinsi; mereka dipanggil berkumpul bersama-sama dengan Definitorium General oleh Vikarius General, dan berhimpun secara kolegial, dalam dua bulan terhitung mulai dari saat lowongnya jabatan.”

Berdasarkan Konstitusi Umum Tarekat Saudara-Saudara Dina artikel 201 paragraf 1 itu, Vikaris General bersama dengan Definitorium General memanggil Para Presiden dan Wakil Presiden Konferensi, dan Kustos Tanah Suci untuk berkumpul di Kuria Generalat di Roma pada 21-22 Mei 2013 untuk berpartisipasi dalam proses persiapan pemilihan Minister General baru yang akan melayani Ordo sampai dengan Kapitel General tahun 2015.

Proses pemilihan Minister General baru akan diawali dengan satu hari refleksi dan doa pada 21 Mei 2013. Seorang saudara yang ahli dalam Spiritualitas Fransiskan akan membantu para saudara pemilih untuk merenungkan peranan Minister General menurut sumber-sumber Fransiskan. Kegiatan refleksi ini akan diisi dengan doa dan adorasi di hadapan Sakramen Mahakudus. Pada 21 Mei sore harinya, para saudara pemilih akan diberi waktu untuk berdiskusi secara bebas tentang harapan mereka dari Minister General yang baru dan mengusulkan nama-nama para saudara yang mereka anggap mampu menjadi seorang Minister General yang baru. Pada 22 Mei 2013 pagi harinya, para saudara pemilih akan berkumpul dalam suasana doa dan kemudian dilanjutkan dengan proses pemilihan Minister General yang baru.

Menurut Konstitusi Umum Artikel 208, dalam pemilihan itu : “Jika Vikaris General terpilih menjadi Minister General, maka Definitorium General akan memilih Vikaris General yang baru untuk melayani Ordo sampai Kapitel berikutnya. Jika seorang Definitor General terpilih menjadi Minister General, maka Definitorium General akan memilih seorang Definitor General yang baru “setelah meminta pertimbangan para Minister Provinsi dari Konferensi-konferensi yang untuknya Definitor yang jabatannya menjadi lowong itu terpilih.”

Doa untuk Persiapan dan Pemilihan Minister General kita yang baru
21-22 Mei 2013
(Didoakan mulai dari saat para saudara menerima lembaran doa ini sampai dengan tanggal 24 Mei 2013. Doa ini didoakan dalam ibadat pagi dan sore dalam bagian doa permohonan sebelum doa Bapa Kami)

Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah yang telah memanggil kami, seperti St. Fransiskus dari Assisi, untuk menghidupi Injil dalam persaudaraan, misi, pelayanan baik untuk orang miskin maupun yang terpinggirkan, dan dalam persekutuan dengan Gereja, kami mohon, tanamkanlah Roh-Mu ke atas saudara yang Kaupanggil untuk menjadi Minister General dari Ordo Saudara-Saudara Dina. Semoga dia dapat menjadi manusia seperti yang Engkau inginkan, yang mengikuti teladan-Mu dengan penuh bakti dan pelayanan!
Kami berterima kasih atas, mantan Minister General, Saudara Jose, atas pelayanannya yang setia kepada Ordo, Gereja, dan dunia. Kami mohon pada-Mu berilah dia rahmat yang diperlukannya untuk menunaikan tugas pelayanan kerasulannya yang baru.
Kami berdoa pada-Mu, Tuhan Yesus, dalam kesatuan dengan Bapa, curahkanlah Roh Kudus ke atas Ordo Saudara-Saudara Dina, terutama selama pemilihan Minister General yang baru. Semoga Kebijaksanaan-Mu menyertai proses penjernihan dan keputusan-keputusan persaudaraan.
Allah Tritunggal yang Mahakudus, berilah Minister General yang baru, yang telah Kau pilih, kekudusan dan kekuatan untuk melaksanakan dengan penuh bakti pelayanan dan misinya. Semoga Sabda-Mu meraja sungguh-sungguh dalam hidupnya. Melalui kata-kata dan tindakannya, semoga dia menuntun Ordo pada-Mu, yang adalah Baik, Seluruhnya Baik, dan Paling Baik!
Sudilah selalu memberkati dan membimbing Ordo Saudara-Saudara Dina, supaya kami dapat melaksanakan perintah-Mu yang kudus dan benar. Semoga Santa Perawan Maria yang terberkati, Bunda Allah, menjadi perantara bagi kami sekarang ini dan selama-lamanya. Amin.

Kontributor : Sdr. Mateus L. Batubara, OFM

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *