Sebuah Harta Terpendam Disingkapkan: Buku tentang Keselarasan Hidup Santo Fransiskus Assisi dengan Hidup Yesus Kristus

sumber gambar: https://ofm.org/blog/a-buried-treasure-revealed-the-book-of-the-conformity-of-the-life-of-saint-francis-to-the-life-of-our-lord-jesus-christ/

Disembunyikan dari khalayak umum selama 600 tahun, dan hanya terbuka bagi para ahli, untuk pertama kalinya karya yang sangat penting ini tersedia dalam bahasa modern!  

Dua dakade lalu, kita menyaksikan kemunculan karya Francis of Assisi: Early Documents, sebuah koleksi yang terdiri dari tiga volume tulisan tangan St. Fransiskus Asisi dan semua sumber-sumber hagiografi tentang dirinya sampai pertengahan abad ke-14. Sekarang, seri tersebut akan dilanjutkan dengan dipublikasikannya sebuah karya raksasa, The Book of the Conformity of the Life of Saint Francis to the Life of Our Lord Jesus Christ, yang ditulis oleh saudara Bartolomeus dari Pisa antara tahun 1385-1390.

The Book of Conformity (sering disebut The Conformities) menggambarkan penghormatan yang begitu tinggi kepada figur St. Fransiskus pada abad pertengahan. Karya ini memuat catatan yang hampir lengkap akan tulisan tangan sang santo, dan tentang legenda-legenda hagiografi mengenai dirinya antara abad ke-13 sampai dengan akhir abad ke-14. Sebagai tambahan, karya ini juga memuat daftar yang luas mengenai tempat-tempat pelayanan dan karya para saudara Fransiskan, suster-suster Claris, dan para tertiaris Fransiskan, dengan perincian mengenai beberapa tokoh Fransiskan, baik tokoh-tokoh ternama maupun tokoh yang terlupakan.

Sang penulis, Bartolomeus dari Pisa, membagi karyanya ini dalam 3 “Buku”. Bagian pertama fokus pada Inkarnasi, Kelahiran, dan kehidupan awal Yesus, dengan kesamaan yang dapat ditemukan dalam tahun-tahun awal kehidupan St. Fransiskus. Bagian kedua fokus pada keselarasan antara tahun-tahun pelayanan publik Yesus, khotbah dan penyembuhan yang Ia lakukan, panggilan para murid, perjalanan dari satu tempat ke tempat lain, dengan peristiwa-peristiwa serupa dalam kehidupan St. Fransiskus. Bagian ketiga mengenai keselarasan antara Penderitaan, Kematian Kebangkitan, dan Kenaikan/Pemuliaan Kristus, dengan peristiwa-peristiwa akhir dalam hidup St. Fransiskus, sakit yang ia derita, penerimaan stigmata, kematian, kenonisasi, dan mukjizat-mukjizat yang dikaitkan dengan pribadinya yang dipandang sebagai perantara ilahi.

Selama enam abad teks ini, yang berperan sangat penting dalam komunitas-komunitas Kristen yang sangat dipengaruhi oleh sosok St Fransiskus, belum pernah dipublikasikan ke dalam bahasa modern. Penerjemahan ini menghadirkanThe Book of Conformity bagi para pembaca zaman ini.

 

Diterjemahkan dari: https://ofm.org/blog/a-buried-treasure-revealed-the-book-of-the-conformity-of-the-life-of-saint-francis-to-the-life-of-our-lord-jesus-christ/

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *