Selamat Datang Sdr. Paskalis

[tab name=”Berita”]

Emirates dengan nomor penerbangan EK 356 mendarat dengan sempurna pada 12 Desember 2013 tepat pukul 15.45 WIB di Soekarno-Hatta. Uskup Baru Keuskupan Bogor, Sdr. Paskalis Bruno Syukur OFM termasuk dalam rombongan penumpang EK 356. Rombongan penjemput Uskup baru terdiri dari dua kelompok : dewan pimpinan OFM dan pihak Keuskupan Bogor. Pelayan Provinsi OFM Indonesia, Sdr. Adrianus Sunarko OFM ikut menjemput ditemani enam saudara. Sementara Uskup Bogor, Mgr. Michael Angkur OFM ditemani tiga imam diosesannya.

Satu persatu penumpang yang baru mendarat di Soekarno-Hatta ke luar melalui pintu kedatangan di terminal 2 D. Uskup Baru pun mucul di antara keramaian penumpang lain. Mgr. Michael langsung bersalaman dan berangkulan dengan Sdr. Paskalis diikuti oleh yang lainnya. Pelayan Provinsi, Sdr. Adrianus Sunarko OFM menyerahkan selendang manggarai dan memakaikan topi manggarai untuk Uskup Baru sebagai tanda ungkapan Selamat Datang.

Kesempatan yang tidak boleh dilupakan adalah pendokumentasian momen penjemputan. Sdr. Mateus pun mengambil posisi sebagai photografer untuk momen penting itu. Setelah rangkaian foto bersama semua bergerak menuju mobil yang di parkir di sekitar lapangan parkir terminal 2 D. Mgr. Michael Angkur OFM mempersilahkan Uskup Baru dan Pelayan Provinsi untuk ikut serta naik sedan tua Keuskupan Bogor.

Empat mobil rombongan penjemput Uskup Baru bergerak perlahan-lahan meninggalkan kawasan bandara menuju Provinsialat OFM di kramat 5. Lalu lintas kendaraan sore itu di sepanjang tol dalam kota terlihat padat sehingga kecepatan rata-rata berkisar 30 km/jam. Pilihan untuk ke luar di pintu tol ke luar Kemayoran adalah alternatif yang terbaik. Satu persatu mobil rombongan penjemput melintas di pintu tol ke luar Kemayoran. Perkiraan awal tiba di Provinsialat pukul 18.00 WIB ternyata meleset dari yang diharapkan.

Rombongan akhirnya tiba di Provinsialat pukul 18.30 WIB. Sdr. Petrus Kanisius Aman OFM ditemani Sdr. Damassus OFM dan Sdr. Charles OFM menyambut Sdr. Paskalis yang turun dari sedan di depan pintu rumah Provinsialat dan langsung mengalungkan bunga kehormatan untuk beliau. Mereka bertiga terlihat rapi dan mirip seperti Tua Golo (kepala suku di Manggarai) dengan pakaian adat Manggarai. Semuanya bergerak masuk ke dalam rumah. Setelah semua duduk di kursi yang telah disiapkan, Sdr. Petrus Aman OFM menyambut Sdr. Paskalis dengan gaya penyambutan Manggarai yaitu Kapu.

Tuak dan ayam yang menjadi ciri khas penyambutan tamu dalam budaya Manggarai ada dalam genggamana tangan Sdr. Damas dan Sdr. Charles. Kedua saudara ini mendapat keistimewaan sebagai pendamping Sdr. Peterus Aman OFM dalam menyambut Uskup Baru karena hari itu adalah hari ulang tahun mereka. Sesudah Acara Kapu rangkaian penyambutan dilanjutkan dengan Ibadat Bersama dengan teks ibadat yang telah disiapkan oleh Sdr. Ferry Suharto OFM.

Dalam ibadat penyambutan itu Sdr. Adrianus Sunarko mewakili persaudaraan menyampaikan ungkapan Selamat Datang bagi Sdr. Paskalis. Uskup Baru, Sdr. Paskalis juga diberi kesempatan untuk menyampaikan kata sambutan. Beliau menyampaikan dalam sambutannya ungkapan terimakasih kepada Mgr. Michael dan para saudara yang menyambut kepulangannya ke tanah air. Seluruh rangkaian acara penyambutan Uskup Baru ditutup dengan santap malam bersama.

Kontributor: Sdr. Matius Batubara, OFM
[/tab][tab name=”Foto-foto”]






[/tab][end_tabset]

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *