Sri Paus Di Asisi – Ulang Tahun Ke-25 Semangat Asisi

Sri Paus Benediktus XVI telah mengadakan peziarahan ke Asisi pada 27 Oktober 2011, bersama dengan para pemimpin agama-agama yang besar di dunia. Hari itu merupakan hari permenungan, hari refleksi, dialog dan doa untuk perdamaian dan keadilan. Hari itu juga merupakan moment yang sangat berharga untuk menghayati kembali ulang tahun ke 25 pertemuan bersejarah yang telah diselenggarakan oleh Sri Paus Wojtyla (Yohanes Paulus II) di Asisi pada 1986. Tema yang disunting oleh Sri Paus untuk merayakan hari peringatan itu adalah “Para Musafir Kebenaran. Para Musafir Perdamaian”.

Dalam semangat yang bersinambungan dengan hari yang telah dipersembahkan oleh Beato Yohanes Paulus II, di Asisi ini merupakan sebuah persembahan yang istimewa dari Sri Paus yang sekarang ini. Dalam ensiklik sosialnya, dia telah mengingatkan bahwa perdamaian adalah hasil dari sebuah komitmen yang ditopang oleh cinta kasih yang dipenuhi dengan kebenaran. Nama baru dari perdamaian itu dengan sesungguhnya dapat disebutkan sebagai “Caritas in Veritate”: “Cinta kasih dalam Kebenaran”. Bagaimana dan mengapa bangunan suatu tertib sosial dan politik, yang merupakan hakikat perdamaian, tergantung pada pencarian demi kebenaran global perihal manusia: berdasarkan pada pengetahuan dasar akan prinsip-prinsip moral yang tertorehkan pada suara hati dan akhir-akhirnya, pada kerinduan yang terus menerus akan kebenaran dan Kebaikan Tertinggi, yakni, Tuhan itu sendiri.

(Alfons S. Suhardi, OFM; sumber: Fraternitas November 2011)

Para Minister General keluarga Fransiskan memberikan pesan kepada semua anggotanya, yang dikeluarkan dalam rangka merayakan “25 Tahun Semangat Asisi”. Keenam Minister General itu adalah Minister Genereal dari OFM, OFMCap, OFMConv, Ordo Ketiga Regular (TOR) dan Ordo Ketiga Sekular (OFS) dan Atonement (SA). Pesan keenam Minister General tersebut dalam versi Bahasa Inggris bisa diunduh pada tautan berikut ini: silahkan klik.

25-tahun-semangat-asisi-sri-paus-bersama-dgn-para-pimpinan-agama-di-depan-gereja-makam-fransiskus-asisiSri Paus bersama dengan para pimpinan agama di depan gereja makam Fransiskus Asisi

25-tahun-semangat-asisi-sri-paus-bersama-dgn-para-pimpinan-agama-di-depan-gereja-portiuncula-asisiSri Paus bersama dengan para pimpinan agama di depan Gereja Portiuncula Asisi

25-tahun-semangat-asisi-sri-paus-memberikan-sambutanSri Paus memberikan sambutan.

Post navigation

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *