Surat Dari Minister General

Dalam email saya ke Minister General, Sdr. Michael Perry, OFM pada Minggu, 22 Maret 2020, saya menceritakan secara singkat keadaan para saudara di Provinsi dan Fundasi serta keadaan Indonesia dan Timor Leste terkait masifnya pandemi Covid-19 saat ini. Pada hari itu juga, Minister General membalas email saya dan menyapa semua saudara di Provinsi St. Michael Malaikat Agung, Indonesia dan Fundasi St. Antonio de Lisboa, Timor Leste (Sdr. Mikhael Peruhe, OFM).  Berikut ini, saya sajikan isi emailnya:

 

Sdr. Michael dan para saudara terkasih di Provinsi St. Mikael di Indonesia. Semoga Tuhan memberimu damai!

 

Terimakasih atas email-mu yang menjelaskan situasi terkini di wilayah di mana Provinsi OFM Indonesia berada. Saya yakin anda sekalian, sebagaimana kami di Roma, masih terus berusaha memahami bagaimana wabah virus ini dapat dengan cepat berkembang dan menjangkiti begitu banyak orang, bahkan menyebabkan kematian. Di Washington, DC, minggu lalu seorang saudara, yaitu Sdr. John-Sebastian, yang sebenarnya baru saja pindah dari Kustodi Tanah Suci ke Provinsi Maria Dikandung Tanpa Noda di New York, menjadi anggota OFM pertama yang menjadi korban virus ini. Meskipun hingga saat ini para saudara kita masih terhindar dari infeksi virus ini, banyak kongregasi dan Ordo religius yang mulai menghadapi tingkat infeksi virus yang mengkhawatirkan di antara anggotanya.

Saya memuji kebijaksanaan saudara yang menghimbau para saudara untuk tetap tinggal di lingkungan rumah mereka masing-masing, tidak menerima atau bersentuhan dengan orang dari luar untuk sementara waktu, menghormati aturan-aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, dan memraktekan kebersihan pribadi sebagaimana dianjurkan untuk melawan penyebaran “new Coronavirus”. Tidak dapat disangkal bahwa semakin hari semakin sulit bagi kita untuk mematuhi aturan-aturan penting dan pembatasan diri tersebut. Namun saya tetap berharap bahwa para saudara memiliki keberanian untuk mematuhi aturan-aturan tersebut dan membatasi diri sendiri. Nasihatmu kepada para saudara – yang sebenarnya berlaku untuk kita semua di Ordo ini – untuk meluangkan lebih banyak waktu dalam doa bagi para saudara, bagi orang-orang yang terjangkiti virus ini, dan untuk memohon perlindungan bagi mereka yang belum terjangkiti merupakan sebuah ide yang cemerlang. Dari diri saya sendiri, saya telah menambah waktu doa pribadi saya, sebuah langkah yang baik dan perlu bagi kita semua.

Semoga Allah terus memberkati dan menjaga para saudara di Provinsi Indonesia dan di Fundasi Timor Leste. Saya selalu berdoa untuk kalian semua. Dengan rahmat Allah dan usaha-usaha yang terstruktur dari kelompok-kelompok medis dan peneliti, sebuah vaksin untuk melawan virus ini akan segera dikembangkan. Untuk saat ini, melakukan segala tindakan yang perlu untuk menjaga “social distance” dan menghindari kegiatan-kegiatan luar ruangan yang tidak perlu akan membantu menekan kemungkinan penyebaran virus ini.

Tuhan Allah senantiasa memberkati dan melindungi saudara semua dalam belaskasih-Nya!

Sdr. Michael

Minister General dan pelayan

Roma

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *