Pada hari Rabu, 19 Januari 2022, pada saat ibadat sore bersama, Minister Provinsi St. Mikael Malaikat Agung, Sdr. Mike Peruhe, OFM, mengumumkan hasil pemilihan Presiden dan Dewan Konsilium Fundasi OFM Timor Leste periode 2022- 2025. Sdr. Nicolao Jose Florentino, OFM terpilih kembali sebagai Presiden Fundasi OFM Timor Leste serta Sdr. Andreas Hamma, OFM dan Sdr. Joel Casimiro Pinto, OFM sebagai anggota Dewan Konsilium. Pemilihan dilaksanakan di Kantor Presiden Fundasi OFM pada pukul 16.00 waktu Timor Leste, diikuti oleh 17 Saudara Dina yang telah berprofesi kekal.

Sdr. Mike Peruhe, OFM bersama Presiden Fundasi dan Dewan Konsilium yang baru. Kiri-Kanan: Sdr. Joel Pinto, OFM, Sdr. Mike Peruhe, OFM, Sdr. Nicolao Jose, OFM, dan Sdr. Andre Hamma, OFM.

Sdr. Mike Peruhe, OFM mengawali proses pemilihan  dengan mengajak para Saudara Dina memohon turunnya Roh Kudus dengan menyanyikan lagu “Veni Creator Spiritus”. Berikutnya, beliau memberikan penjelasan terkait aturan pemilihan Presiden Fundasi berdasarkan  Statuta Partikular serta dilanjutkan dengan pembacaan nama para saudara yang dapat dipilih sebagai calon Presiden Fundasi. Setelah proses pemilihan terhadap Presiden dan Dewan Konsilium dilakukan secara berurutan, beliau membicarakan hasilnya bersama  Definitorium di Jakarta. Minister Provinsi akhirnya mengumumkan hasil pemilihan di Kapela Beato Duns Scotus, disaksikan oleh semua saudara di Fundasi Timor Leste, baik yang berkaul sementara maupun yang telah berkaul kekal.

Ibadat Pelantikan Presiden dan Dewan Konsilium yang baru di Kapela Beato Duns Scotus, Timor Leste.

Dalam sambutannya, Sdr. Nicolao mengajak para Saudara Dina Fundasi Timor Leste untuk  meningkatkan kerja  sama di waktu yang akan datang agar semakin setia mengikuti kehendak Kristus dan meneladani Santo Fransiskus Assisi. Acara ditutup oleh Minister Provinsi dengan meminta setiap saudara yang telah berprofesi kekal  secara bergantian menjanjikan ketaatan kepada  Presiden dan Dewan Konsilium seperti ketika mengucapkan kaul.

 

Kontributor: Sdr. Jerry Ranus, OFM

Foto: Sdr. Jerry Ranus, OFM

Ed. Sdr. Haward, OFM