Tugas Perutusan Baru

Saudara Iron memberi sambutan setelah ibadat perutusan

Beberapa waktu lalu pasca Kapitel General di Roma santer terdengar jika salah satu Saudara Dina dari Provinsi St. Mikhael Malaekat Agung Indonesia, yaitu Sdr. Hieronimus Dei Rupa OFM, atau yang biasa disapa sdr. Iron, diangkat menjadi Wakil Sekretaris Formasi dan Studi OFM yang berkantor di Roma. Berita tersebut bukan isapan jempol belaka, sebab pada Jumat nanti (5/11/21) sdr. Iron akan terbang ke Roma untuk memulai tugas perutusannya yang baru.

Sebagai bentuk dukungan kepada sdr. Iron, maka diadakan ibadat perutusan. Ibadat dilaksanakan pada Rabu (3/11/21) pkl. 18.00 wib, bertempat di Komunitas Provinsialat OFM, Jakarta Pusat. Ibadat perutusan ini dipimpin oleh Minister Provinsi, sdr. Mikhael Peruhe OFM. Selain dihadiri oleh anggota Komunitas Provinsialat, dalam ibadat ini hadir pula para Gardian dan Magister Saudara-saudara Muda wilayah Jakarta, serta para Saudara Dina yang bertugas sebagai dosen di Sekolah Tinggi Filsafat Diryarkara (STFD).  

Pada akhir Ibadat perutusan ini, kepada sdr. Iron diberikan salib sebagai lambang penyertaan Tuhan dan dukungan persaudaraan bagi sdr. Iron dalam menjalankan misi perutusan yang akan diembannya. Selain itu, para saudara yang hadir juga tidak lupa menumpangkan tangan untuk memberi berkat kepada sdr. Iron sambil menyanyikan lagu Berkat Bapa Fransiskus.

Para saudara yang hadir dalam ibadat memberi berkat kepada sdr. Iron OFM yang akan menjalankan misi perutusan yang baru

 Setelah ibadat selesai, Provinsial dalam sambutannya, menghaturkan terimakasih kepada sadara Iron yang dengan taat menerima tugas baru yang dipercayakan kepadanya. “Ketika mendengar bahwa dia ditunjuk langsung oleh Minister General, sdr. Massimo Fusarelli OFM, sdr. Iron sempat terkejut. Namun setelah melalui proses perbincangan lebih lanjut, sdr. Iron menunjukkan ketaatan yang luar biasa. Ketaatan sdr. Iron ini menyerupai ketaatan Maria ketika mendengar kabar dari Malaekat. Awalnya sempat terkejut dan ragu, namun kemudian dengan rendah hati menerima tugas yang dipercayakan.”

Selanjutnya sdr. Iron juga mengucapkan terimakasih kepada persaudaraan, yang dengan setia mendukungnya hingga saat ini. Serupa dengan yang disampaikan Minister Provinsi, sdr. Iron juga tidak menutupi keterkejutannya ketika mendengar tugas perutusan yang akan diembannya. “Saya juga sempat bimbang, karena saya harus meninggalkan lingkungan yang sudah membuat saya nyaman, entah itu lingkungan persaudaraan atau juga lingkungan STF tempat saya berkarya. Ditambah saya menyadari bahwa saya juga memiliki banyak kekurangan untuk mengemban tugas baru ini. Akan tetapi saya berterimakasih kepada persaudaraan yang senantiasa mendukung saya hingga saat ini.”

Pada kesempatan ini hadir pula sdr. Febrian yang akan melanjutkan pelayanannya di Generalat OFM untuk periode kedua. Untuk selanjutnya, sdr. Iron akan bersama-sama dengan sdr. Febrian bekerja di Generalat OFM, di Kota Abadi, Roma.

Acara perpisahan dengan sdr. Hans Udi OFM di Novisiat Transitus, Depok, Jawa Barat

Di Novisiat Transitus, Depok, Jawa Barat, pada hari dan waktu yang kurang lebih sama juga diadakan acara perpisahan dengan sdr. Hans Udi OFM. Sebelumnya sdr. Hans bertugas sebagai Socius Magister para Novis. Selanjutnya, sdr. Hans akan menggantikan posisi sdr. Iron sebagai Magister Saudara Muda di Komunitas Cempaka Putih Barat.

Sdr. Ambrosius Haward, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *