[Index Berita]

[Animasi Hidup Berkomunitas di Gardianat Fonte Colombo – Flores (bagian 1)]

Selasa (20/3/2012), tepat pukul 08.00 WITA kegiatan animasi hidup berkomunitas di Gardianat Fonte Colombo Flores dimulai. Acara pembukaan dimulai dengan sambutan awal oleh Gardian Rumah Biara Flores, Sdr. Ignas Wagut OFM. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat datang kepada para saudara yang akan memberi materi animasi. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan seperti ini adalah hal yang baru dalam persaudaraan fransiskan. Harapannya semoga kegiatan ini semakin meningkatkan kualitas hidup berkomunitas para saudara di tiap komunitasnya.

Sesudah Gardian Rumah Biara Flores membuka secara resmi kegiatan animasi hidup berkomunitas, Sdr. Peter Aman OFM tampil sebagai pemateri pertama sepanjang hari itu. Beliau mempresentasikan hal-hal yang berkaitan dengan Komisi Justice, Peace and Integrity of Creation (JPIC) selama kurang lebih 4 jam dari pukul 08.15 WITA sampai 12.15 WITA dengan diselingi jam minum pada pukul 10.00 WITA sampai 10.30 WITA. Siang hari kegiatan di tutup dengan ibadat siang pada pukul 12.15 WITA dan makan siang bersama. Sdr. Peter dalam penyampaian materinya pertama-tama mengungkapkan sejarah keberadaan JPIC dalam Gereja dan Ordo OFM. Ia juga memaparkan sejumlah hal yang berkaitan dengan peranan animator JPIC di tiap-tiap entitas dalam Ordo. Animator utama di tiap entitas adalah Minister Provinsi, Definitornya (Dewan), Gardian, dan Kepala rumah. Tugasnya adalah mendorong pelaksanaan mandat Konstitusi Umum Ordo dan Keputusan-keputusan Kapitel berkaitan dengan aspek persaudaraan dengan semua orang dan semua ciptaan, kedinaan, solidaritas dengan kaum miskin, serta perutusan kita untuk memperjuangkan perdamaian dan rekonsiliasi. Hal yang utama adalah bagaimana membantu agar para saudara memiliki kesadaran bahwa JPIC bukanlah suatu tambahan tetapi sebuah pilihan dan cara hidup yang harus dilaksanakan dalam hidup harian. Saat session tanya jawab diberi kepada para saudara, banyak saudara berkomentar dan bertanya. Kebanyakan komentar yang muncul lebih berupa pujian dan ungkapan terimakasih atas materi yang menurut para saudara amat bernilai untuk praksis hidup harian di Folres. Tepat pukul 14.00 WITA para saudara masuk dalam kelompok untuk berdiskusi bersama terkait tiga pertanyaan yang diajukan pemateri. Setelah diskusi kelompok, masing-masing utusan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya pada pukul 16.30 WITA sampai 17.45 WITA. Rangkaian kegiatan animasi hidup berkomunitas dalam bidang JPIC ditutup dengan ibadat sore dan perayaan ekaristi bersama.

Rangkaian kegiatan animasi di hari kedua Rabu, (21/3/2012) juga dilakukan seperti jadual di hari pertama. Pemateri untuk kali ini adalah Sdr. Eddy Kristiyanto OFM. Beliau tampil untuk mempresentasikan aspek-aspek yang berkaitan dengan Penginjilan dan Misi dalam Ordo OFM. Penginjilan itu sebuah proses religious innership yang berawal dari pengalaman personal berjumpa dengan Yesus Kristus Injili yang dalam Roh-Nya mengantar seorang beriman pada dunia yang diciptakan dan dicintai Allah Bapa. Misiologi terkini menekankan apa dan siapa yang diwartakan dan dimaklumkan kepada dunia telah lebih dahulu dialami. Dahulu pekerja (misionaris) melakukan macam-macam hal di ladang, kebun, bahkan ia bagaikan penabur, yang menarasikan Yesus Kristus, satu-satunya Penyelamat. Beliau juga menegaskan bahwa Persaudaraan Injili kita merupakan palungan, di mana spirit misi dan evangelisasi disemai, ditumbuhkan, disuburkan, dihidupkan.

Kegiatan animasi di hari ketiga Kamis, (22/3/2012) membahas aspek ongoing formation (bina lanjut). Sdr. Yoseph Tote OFM tampil sebagai pemateri di hari yang terakhir ini. Beliau menekankan bahwa proses ongoing formation yang utama sesungguhnya terjadi dalam hidup berkomunitas. Jadi, kegiatan kursus-kursus dalam rangka bina lanjut bukanlah hal yang utama. Ia mengajak para saudara untuk melihat kembali kualitas hidup harian bersama para saudara di tiap komunitas. Seluruh rangkaian kegiatan animasi hidup berkomunitas di Gardianat Flores ditutup dengan perayaan ekaristi bersama pada pukul 18.00 WITA yang dipimpin oleh Gardian Rumah Biara Flores, Sdr. Ignas Wagut OFM. Sesudah perayaan ekaristi dilanjutkan dengan santap malam dan rekreasi bersama.

kontributor: Sdr. Mateus Batubara, OFM

Tim animator dari Jakarta

5 Comments

  • Kegiatan animasi bersama oleh anggota definitorium provinsi di suatu guardianat merupakan inisiatif yang patut dipuji dan semoga diteruskan. Aspek kebersamaan selalu ditekankan oleh Minister General sebagai pengejawantahan dari pilihan atas cara hidup dalam persaudaraan. Cara menganimasi juga tidak perlu secara tunggal, tetapi dijalankan bersama. Semoga kebersamaan dalam menganimasi ini membangkitkan hidup bersama secara nyata bagi para saudara di gardianat Fonte Colombo Flores, pertama-tama dalam hidup berkomunitas dan dalam melaksanakan kegiatan penggembalaan entah itu melalui paroki, ekopastoral, pendidikan persekolahan atau inisiatif pastoral lainnya. Patut diingat mandat kapitel umum 2009 no.13: “Evangelization from a Franciscan Perspective”. Juga bandingkan dokumen sama hal.19 pada tema Fraternal Plan of Life and Mission: “No project of evangelization is the initiative or personal property of anyone; it is always the fraternity that evangelizes”. Terimakasih untuk Sdr. Peter, Sdr. Eddy, Sdr. Yosep Tote, Sdr. Mateus dan semua saudara di gardianat Fonte Colombo Flores atas kesaksian ini. Sejarah baru dalam persaudaraan perlu diciptakan terus menerus. Kami di Curia Generalizia mengakhiri retret bersama hari ini. Sejarah baru diciptakan pula oleh para saudara disini, tetapi semua dalam kerangka mengikuti Regula hidup kita, yang diaktualkan antara lain dalam mandat kapitel umum 2009. May the Lord give you peace.

  • Sdr moderator,
    jam dan tanggalnya kok tidak cocok ya? Masak kok 20 Maret 2012, yam 17.56….
    perlu di cocokkan.

  • Gak salah nih, kok masuk (dobel) Fransriana????
    Kan harus (sudah) masuk rubrik “Berita”.

Tinggalkan Komentar