Berkat Januari untuk Persaudaraan OFM Fundasi Timor Leste

Timor Leste, OFM- Kabar sukacita datang dari persaudaraan OFM Fundasi Timor Leste. Selama bulan Januari 2023, persaudaraan merayakan tiga rangkaian peristiwa berahmat sekaligus, di antaranya, penerimaan para postulan dan novis, pembaruan janji profesi, dan pengikraran profesi pertama. Berikut ini liputan ketiga momentum tersebut.

Prosesi penerimaan para postulan dan novis berlangsung pada Rabu (4/1/2023). Gardian Gardianat Três Companheiros, Fatucahi, Sdr. Alexander Dedi Suprapto OFM, memimpin upacara menyambut ke-17 orang muda yang baru saja bergabung. Lima orang di antaranya merupakan para postulan, dan 12 orang lainnya merupakan para novis. Dalam pesan homilinya, beliau mengaharapkan agar selama masa formasi ini, setiap dari para postulan dan novis selalu bertanya kepada Tuhan, seperti yang dilakukan St. Fransiskus, “Tuhan apa yang Engkau kehendaki aku lakukan?”.

Salah seorang saudara muda tengah memperbarui janji profesi di hadapan Minister Provinsi

Sepekan berselang, Selasa (10/1/2023), persaudaraan kembali bergembira atas perayaan pembaruan janji profesi dari para saudara muda. Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini perayaan berlangsung dengan lebih istimewa, karena dihadiri juga oleh para orang tua dari semua pestawan. Adapun Misa pembaruan ini dipimpin oleh P. Joel Casimiro Pinto OFM, dan didampingi oleh Minister Provinsi, P. Mikael Peruhe OFM dan P. Marciano A. Soares OFM.

Dalam homilinya, P. Mikael OFM mengajak semua saudara muda untuk menimba inspirasi atas panggilan dari pengalaman kemuridan para rasul yang berlatarbelakang sebagai nelayan. Menurut beliau, sekurang-kurangnya terdapat empat keutamaan kemuridan para rasul yang tetap relevan sampai kini, yakni kesabaran, keberanian, ketekunan dan kesetiaan, serta dapat membaca tanda-tanda. Bersama dengan ini, Provinsial secara implisit mengajak setiap saudara muda untuk semakin mengalami hidup membiara dengan penuh sukacita, berkeutamaan, penuh komitmen, serta bijak dalam pengambilan setiap keputusan.

Minister Provinsi berfoto bersama keluarga para saudara muda

Selepas perayaan Misa, pestawan dan semua hadirin mengikuti acara ramah tamah dan makan siang bersama di Biara Beato Yohanes Duns Scotus, Dili. Untuk pertama kalinya, pada kesempatan ini Provinsial bertemu dengan para orang tua saudara-saudara muda.

Setelah Misa Kudus, para neoprofes berfoto bersama keluarga, P. Nico, OFM, dan P. Mikael, OFM.

Peristiwa sukacita masih berlanjut. Tiga hari kemudian, Jumat (13/1/2023), persaudaraan kembali bergembira bersama kelima saudara yang mengikrarkan profesi perdana. Kelima saudara tersebut, antara lain, Sdr. Domingos da Costa Soares, OFM; Sdr. Abril Salsinha Mendonça, OFM; Sdr. Raul Castilo, OFM; Sdr. Jaimito Alberto da Costa, OFM dan Sdr. Roberto Soares Trindade, OFM.

Perayaan meriah yang mengusung motto “karena Engkau menyuruh maka aku menyebarkan juga jala -Luk. 5:5” ini dipimpin secara konselebrasi oleh Presiden Fundasi, P. Nicolau José Florentino OFM, Minister Provinsi, P. Mikael Peruhe OFM, dan dua imam projo dari Paroki Natarbora dan Maubisi. Turut hadir dalam kesempatan ini sanak keluarga dari semua pestawan.

Salah seorang novis sedang mengikrarkan tiga kaul perdananya, di antaranya, ketaatan, kemiskinan, dan kemurnian.

Dalam satu pesan yang senada, P. Nico OFM dan P. Mikael OFM mengajak para neo-profes untuk dengan serius menjalani masa formasi pada tahapan selanjutnya. “Hendaknya kalian belajar dari pensil. Supaya dapat menghasilkan gambar atau lukisan yang baik, ia mesti diruncing terlebih dahulu. Sakit memang, tetapi toh demi maksud yang baik. Demikian juga kali mestinya dalam penghayatan hidup panggilan selama masa formasi yang mendatang, mesti belajar untuk terbuka dan siap dibentuk”, urai P. Niko OFM dalam homilinya.

Sedangkan dalam sambutannya, P. Mikael OFM berpesan kepada para neoprofes agar menjadi saudara-saudara yang kuat dan tangguh di tengah badai tantangan zaman ini. “Seumpama sedang di dalam perahu bersama Yesus. Bangunkanlah Dia, supaya perahu tidak tenggelam. Ajaklah dan andalkanlah Yesus dalam perjalanan panggilan dan tugas perutusanmu”, demikian provinsial memberikan pesan perutusannnya.

Setelah perayaan Ekaristi, semua hadirin membaur gembira di aula Paroki St. Fransiskus Assis, Fatuberliu.

 

Kontributor: Sdr. Abril Dos Santos OFM
Ed.: Sdr. Tian Gunardo OFM

Tinggalkan Komentar