Dipanggil untuk Menjadi Saudara

Para novis baru setelah menerima jubah pertobatan

Tepat pkl. 12.00 WIB, 18 orang muda dengan lantang menyatakan niatnya untuk bergabung dalam persaudaraan OFM. Niat baik orang-orang muda tersebut disambut dengan penuh kegembiraan oleh persaudaraan dengan memperkenankan mereka untuk mengenakan jubah pertobatan, sekaligus untuk secara resmi menjalani masa novisiat.

Upacara penerimaan novis baru ini berlansung di Novisiat Transitus Depok, Jawa Barat pada tanggal 22 Juli 2020. Ibadat penerimaan para novis ini dipimpin oleh Sdr. Agustinus Anton Widarto OFM selaku Gardian Gardianat San Damiano Depok, serta didampingi oleh Sdr. Fransiskus A. Oki Dwihatmanto OFM (magister Novis) dan Sdr. Maciano Almeida Soares OFM.

Ibadat penerimaan para novis baru

Dalam homilinya, Sdr. Anton OFM mengungkapkan dua hal: Pertama, adalah sebuah sukacita besar karena rahmat panggilan yang masih bertumbuh subur dalam persaudaraan Saudara-saudara Dina. “Kita bersukacita karena masih banyak orang muda yang mau menanggapi panggilan Tuhan untuk hidup membiara, terutama dalam persaudaraan kita ini”. Kedua, dengan mengenakan jubah pertobatan ini, para saudara dipanggil untuk mengupayakan pertobatan terus-menerus. Secara perlahan menanggalkan manusia lama dan mengenakan manusia baru. Mengenakan jubah coklat berarti menghidupi pertobatan, kedinaan, persaudaraan, sukacita, kasih setia, damai, dan kelemahlembutan.

Sebelumnya, selama satu pekan para saudara ini telah mempersiapkan diri melalui retret yang dipimpin oleh Sdr. Haward OFM dan Sdr. Marciano, OFM. Dalam retret ini para calon novis diajak untuk melihat kembali realitas dan konteks di mana mereka dipangil. Mereka juga diajak untuk menyadari segala kebaikan, kemampuan, kerapuhan dan ketidaksempurnaan diri mereka, serta diajak untuk megupayakan pertobatan dan keterbukaan pada sesama dan pada Allah demi penyempurnaan diri.

Sdr. Marciano OFM sedang menyampaikan materi dalam salah satu sesi retret para calon novis

Seluruh retret itu diakhiri dengan ibadat penerimaan jubah pertobatan, yang menjadi tanda dimulainya masa novisiat. Di penghujung Ibadat Sdr. Oki OFM mengungkapkan rasa terima kasih kepada Sdr. Haward OFM dan Sdr. Marciano OFM yang telah mendampingi para saudara novis selama masa retret. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Gardian, Sdr. Anton Widarto OFM yang telah bersedia menerima saudara-saudara muda ini untuk bergabung dalam persaudaraan Fransiskan.

Selanjutnya, selaku Gardian, Sdr. Anton OFM juga menyampaikan ucapan selamat bergabung di Gardianat San Damiano Depok kepada para novis baru. Ia mengatakan, bahwa selama satu tahun ke depan para Saudara Tua di gardianat ini akan senantiasa mendukung saudara-saudara novis dalam proses pembinaan. Seusai berkat penutup, acara dilanjutkan dengan foto bersama, dan diakhiri dengan perjamuan siang di ruang makan Novisiat Transitus Depok.***

 

Sdr. Marciano A. Soares, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *