EKOPASTORAL FRANSISKAN PAGAL MEMPERINGATI HARI BUMI 2020

Ekopastoral Fransiskan Pagal memperingati Hari Bumi yang ke-50 pada Rabu, 22/06/2020 di Kantor Pusat Ekopastoral Pagal, Kecamatan Cibal Manggarai-Flores. Kegiatan ini dimulai pada pagi hari diisi dengan ibadat ekologi (tematis) dan setelahnya dilanjutkan dengan penanaman pohon konservasi. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini biasanya melibatkan masyarakat setempat, tetapi kali ini pihak Ekopastoral mengambil kebijakan untuk dirayakan secara ekslusif dengan mempertimbangkan anjuran social dan pshycal distancing. Delapan staf Ekopastoral memperingatinya dengan penuh antusias, sebagai bentuk syukur atas anugerah ibu bumi, juga sekaligus dalam rangka mematangkan tekad untuk merawat ibu bumi, rumah kita bersama.

Para staf ekopastoral sedang mengikuti Ibadat Hari Bumi yang dipimpin oleh sdr. Abril Dos Santos, OFM

Dalam ibadat ekologis, Sdr. Abril Dos Santos OFM, dalam renungannya mengatakan, “Kali ini hari Bumi diperingati dalam situasi di mana manusia tengah berduka karena dua hal, yakni  pandemi Covid-19 dan fakta krisis lingkungan hidup. Wabah virus ini telah merenggut ratusan dan bahkan ribuan jiwa, sementara pada saat yang sama pula, di tengah krisis lingkungan hidup bumi ini makin tidak nyaman dihuni manusia. Orang miskin kerap kali menjadi korban krisis, mereka kesulitan mendapatkan makanan yang layak, perawatan medis yang memadai dan sebagainya.” Pada peringatan Hari Bumi kali ini Ekopastoral menyatakan dalam doa dan harapan mereka agar manusia, penghuni bumi ini tetap setia merawat ibu bumi dengan tidak semena-mena merusak lingkungan demi kepentingan pribadi dan golongan tertentu. “Gaya hidup kita yang tidak ramah dengan lingkungan itulah yang kerap kali mendatangkan ancaman bagi ibu bumi, dan terutama juga bagi orang-orang miskin yang biasanya menjadi korban krisis lingkungan hidup,” tegas Sdr. Abril, Frater TOP Ekopastoral ini.

Rangkaian kegiatan ini dilanjutkan dengan pemberkatan pohon konservasi oleh Sdr. Johnny Dohut OFM, dan setelahnya melakukan penanaman pohon di lahan konservasi yang telah disiapkan. Kegiatan penanaman pohon dikoordinasi oleh Sdr. Dedi, staf Ekpastoral. Setiap staf masing-masing membawa 5 pohon untuk ditanam di lahan yang sudah disiapkan. Total pohon yang ditanam pada momen Hari Bumi 2020 ini adalah sebanyak 40 pohon. Sebuah bentuk konkret dan nyata Ekopastoral Fransiskan dalam merawat ibu bumi, rumah kita bersama, dan juga sekaligus sebuah ajakan bagi semua penghuni bumi untuk peduli pada lingkungan hidup dalam aneka bentuk dan cara.

*Efendy marut OFM/Franciscan Media Centre Indonesia

(Laporan: Sdr. Abril Dos Santos OFM/Pagal)

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *