Empat Belas (14) Orang Muda Memulai Masa Postulat di Biara St. Bonaventura Jogjakarta

Keempat belas Postulan berpose bersama setelah perayaan ekaristi penerimaan Postulan di Biara St. Bonaventura, Jogjakarta

 

Pada Jumat 21 Agustus 2020, empat belas orang muda diterima dalam formasi postulat di Biara OFM St. Bonaventura Papringan-Jogjakarta. Keempat belas saudara ini berasal dari beragam latar belakang Seminari; 3 orang dari Seminari St. Yohanes Brekhmans Todabelu Mataloko, satu orang dari Seminari Pius XII Kisol, satu orang dari Seminari Roh Kudus Tuka Bali, 3 orang dari Seminari St. Yohanes Paulus II Labuan Bajo, 2 orang dari Seminari Petrus Kanisius Mertoyudan, satu orang dari Seminari Stella Maris Bogor, 2 orang dari  Aspiran Pagal, dan satu orang lainnya merupakan late vocation yang sebelumnya telah menjalankan live in di Novisiat Transitus Depok, Jawa Barat.

Setelah mengikuti Triduum pada 17–19 Agustus 2020, mereka akhirnya diterima secara resmi dalam formasi postulat melalui perayaan Ekaristi. Penerimaan keempat belas saudara ini ditandai dengan upacara penerimaan jubah postulan, kalung Tau, dan Kitab Suci yang dipadukan di dalam perayaan Ekaristi ini. Dalam homilinya, Sdr. Richard Selan OFM,  pemimpin perayaan Ekaristi mengingatkan para calon postulan bahwa mereka akan dibimbing untuk perlahan-lahan mencapai kesempurnaan kasih terhadap Allah dan sesama seturut cara hidup Injili yang diteladankan oleh St. Fransikus Assisi.

Perayaan Ekaristi ini juga dihadiri oleh segenap saudara di Gardianat Greccio yang terdiri dari para Saudara Tua dan Saudara Muda. Gardian Rumah Biara Greccio, Sdr. Sipri Sina OFM dalam sambutannya mengingatkan para saudara tentang rahmat sukacita sebagai Fransiskan. “Persaudaraan Fransiskan senantiasa bersukacita atas kehadiran saudara-saudara yang mau memilih berjalan bersama dalam persaudaraan Fransiskan,” tegas Sdr. Sipri. Kepada keempat belas saudara Postulan yang baru, Sdr. Sipri menyampaikan terima kasih atas kesediaan mereka untuk bergabung di dalam Persaudaraan Fransiskan, dan juga menyampaikan terima kasih yang sama kepada keluarga jasmani keempat belas saudara ini yang telah mengizinkan putera-putera terbaik mereka untuk menjalankan formasi postulat dalam Persaudaraan Fransiskan. “Semoga Tuhan memberkati niat baik para saudara sekalian,” begitu Sdr. Sipri mengakhiri sambutannya.

Masa Postulat keempat belas saudara ini akan berlangsung selama kurang-lebih 10 bulan di bawah bimbingan Sdr. Wolfan Apriliano OFM selaku Magister Postulan. Dengan demikian, jumlah Postulan OFM tahun ini sebanyak 27 orang dengan perincian 13 saudara menjalankan masa Postulat di Biara St. Yosef Pagal, Manggarai-Flores, dan 14 Saudara di Biara St. Bonaventura Jogjakarta.

Efendy Marut OFM & Godrikus Y. F. Nagang

Post navigation

Komentar

  1. September 10, 2020 at 03:33

    Good luck, Saudara!

  2. Lily Sastra
    Agustus 31, 2020 at 03:21

    Luar biasa.
    Sampai bertemu di Novisiat Transitus yah.

    Berharap suatu hari aku bisa mampir di Biara St. Bonaventura, Papringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *