Hari Persaudaraan di SMP St. Fransiskus I

Sebagian dari para peserta kegiatan hari persaudaraan SMP St. Fransiskus 1

Pada Senin, 29 Januari 2021 keluarga besar SMP St. Fransiskus I mengadakan kegiatan hari persaudaraan. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui media daring zoom meeting dan ditayangkan secara streaming melalui kanal youtube SMP Santo Fransiskus I. Tampil sebagai pembawa acara, Melanie Beatrix Mahaly dan Clairine Jane Babyca Candra dari Kelas IX. Acara diawali dengan doa pembuka yang dipimpin secara muslim, oleh Devaro Boro Tura dari Kelas VII. Setelahnya acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Fransiskus.

Dalam sambutannya, Pater Yohanes Boli Tukan OFM, selaku Kepala SMP St. Fransiskus I, menyampaikan bahwa kegiatan hari persaudaraan ini diselenggarakan sebagai kesempatan bagi seluruh keluarga besar SMP St. Fransiskus I untuk saling mengenal dan berbagi dalam banyak hal: berbagi ilmu pengetahuan, berbagi sukacita dan terutama energi positif selama masa pandemi covid-19 ini. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menggugah motivasi dan semangat bagi para guru dan peserta didik dalam belajar dan mengajar dari rumah. Kegiatan ini akan diisi dengan refleksi bersama, kuis/lomba-lomba berhadiah, juga presentasi-presentasi dari peserta didik lintas kelas.

Pater Gusty OFM menyampaikan refleksi tentang persaudaraan.

Pater Agustinus Laurentius Nggame OFM dari Dapur Penginjilan dan Spiritualitas OFM Indonesia, ikut hadir dan memberikan refleksi dalam kegiatan hari persaudaraan ini. Dalam refleksinya, Pater Gusty OFM pertama-tama menginformasikan bahwa Ordo Fratrum Minorum (OFM) Indonesia telah mencanangkan tahun 2021 sebagai tahun persaudaraan. Dalam kaitannya dengan itu, beliau mengucapkan proficiat kepada keluarga besar SMP St. Fransiskus I karena mengambil inisiatif untuk menggagas dan menyelenggarakan Hari Persaudaraan ini. Kemudian Pater Gusty OFM menjelaskan beberapa pendasaran mengapa persaudaraan patut senantiasa dirayakan. Beliau pun menyebut Santo Fransiskus Assisi, pelindung sekolah, yang selama hidupnya telah menunjukkan keteladanan bahwa persaudaraan itu anugrah yang selalu mungkin dirayakan. Pater Gusty OFM mengakhiri refleksinya dengan memberikan motivasi kepada para peserta didik dan guru agar tetap mengobarkan bara semangat dalam diri guna menjalani aktivitas belajar-mengajar dari rumah selama masa pandemi.

Setelah refleksi, kegiatan hari persaudaraan dilanjutkan dengan perlombaan. Para peserta didik mengerjakan sekitar 60 soal yang telah disiapkan oleh para guru melalui media quizizz. Perlombaan berlangsung sengit. Para peserta didik dari kelas 7-9 mengerjakan tiap soal yang ada dengan penuh antusias. Setelah kurang lebih 1 jam mengerjakan soal melalui quizizz, diperolehlah 3 orang juara, yakni: Michelle Amalia Djafar (Kelas 7) sebagai juara 1, Marcellino Salvian Hartanto (Kelas 8) sebagai juara 2 dan Candy Nathania Putri (Kelas 9) sebagai juara 3. Ketiga peserta didik ini memperoleh hadiah pulsa masing-masing sebesar: Rp 100.000 (juara 1), Rp 75.000 (juara 2), dan 50.000 (juara 3).

Michelle, Marchellio, dan Candy menempati 3 besar lomba kuis hari persaudaraan

Kegiatan diakhiri dengan ucapan proficiat kepada para juara dan penyerahan e-sertifikat secara virtual oleh Kepala SMP St. Fransiskus I. Kegiatan hari persaudaraan selanjutnya akan dilaksanakan pada salah satu hari dalam pekan terakhir di bulan Februari 2021.***

 

Laporan Sdr. John Tukan, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *