HUT Paroki Pagal: Merawat Bumi

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-81, Paroki Kristus Raja Pagal, Keuskupan Ruteng, Manggarai, Flores mengadakan sejumlah kegiatan. Kegiatan yang diadakan pun disesuaikan dengan situasi pandemi global covid-19. Misalnya, dengan jumlah peserta yang terbatas dan tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai masker dan mencuci tanganPada Jumat, 20 November 2020, diadakan kegiatan penanaman pohon dan bakti sosial. Penanaman pohon dilakukan di sekitar embung Wae Kebong, Kecamatan Cibal, kabupaten Manggarai, Flores NTT. Kegiatan ini melibatkan anggota SEKAMI-SEKAR Paroki, JPIC Keuskupan Ruteng, PLN ranting Pagal, dan babinsa Kec. Cibal. Pohon yang ditanam pun berjumlah sekitar 500 anakan pohon, meliputi pohon Manii dan pohon-pohon buah.

Kegiatan penanaman dimulai pukul 09.00 WITA dengan ibadat pemberkatan pohon yang dipimpin P. Abba, OFM selaku pastor paroki dan P. Faris, OFM selaku pastor rekan. Dalam kesempatan itu, P. Abba menegaskan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. “St. Fransiskus memanggil semua yang ada di alam sebagai saudara dan saudari. oleh karena itu, alam tidak boleh diperlakukan sebagai objek oleh manusia”, ujar pastor paroki yang bertugas sejak 2016 ini. 

Di tempat terpisah, anggota dari 43 KBG (Kelompok Umat Basis) yang berada di 9 wilayah pusat paroki melakukan bakti sosial di lingkungan masing-masing. Mereka membersihkan lingkungannya dan mengumpulkan sampah anorganik untuk selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Terakhir. Dalam kesempatan ini OMK Paroki bertugas mengumpulkan sampah-sampah itu dari setiap lingkungan KBG.


Kedua kegiatan di atas dimotori oleh orang muda dan anak-anak. Sebagaimana tema “Gembala Bagi Orang-Orang Muda”, keterlibatan orang muda menjadi warna yang dominan pada perayaan ulang paroki tahun ini. Selain untuk membatasi jumlah peserta, orang muda juga diharapkan menjadi jiwa dan penggerak dari paroki yang dilayani oleh Para Saudara Dina (OFM) sejak 8 April 1956 ini.

 

Laporan Sdr. Fendi Geu, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *