Saudara-saudara Dina yang hadir pada perayaan ini memberikan dukungan kepada kedua saudara yang mengucapkan profesi kekalnya.

Kramat, OFM – Selasa, 15 Agustus 2023, Sdr. Stefanus Harkam Nampung, OFM dan Sdr. Gabriel Rionaldi Wijaya Emar, OFM mengikrarkan profesi kekal. Melalui pengikraran profesi kekal, kedua saudara ini secara definitif membaktikan diri seutuhnya kepada Allah dengan mengikuti Kristus dalam cara yang ditunjukkan oleh Bapa Fransiskus Assisi.

Upacara profesi kekal ini dilaksanakan di Gereja Hati Kudus, Paroki Kramat, Jakarta dalam Perayaan Ekaristi yang dimulai pukul 10:00 WIB. Perayaan Ekaristi dilangsungkan secara konselebrasi, dengan sdr. John Wong, OFM, Definitor General OFM untuk Asia-Oceania, sebagai selebran utama. Ia didampingi oleh sdr. Mikael Peruhe, OFM (Minister Provinsi St. Michael Malaikat Agung Indonesia), sdr. Daniel Klau Nahak, OFM (Vikaris Provinsi), sdr. Agustinus Laurensius Nggame, OFM (Magister Saudara Muda), dan sdr. Ignatius Widiaryasa, OFM (Gardian Gardianat Damieta).

“Mengundurkan diri bukan hanya berarti mengundurkan diri dari tarekat. Padahal setiap hari, setiap saat saya menutup hati saya terhadap penderitaan orang-orang di sekitar saya, setiap kali saya menutup mata dan telingaku terhadap kebutuhan saudara-saudara di dalam biara, setiap kali saya mengikuti keinginan saya sendiri, dan bukan kehendak Tuhan, saya sudah mundur dari kehidupan kaul Fransiskan saya,” ungkap sdr. John Wong, OFM dalam homilinya perihal saudara-saudara yang mengundurkan diri dari persaudaraan.

Sdr. John Wong, OFM memberikan berkat meriah kepada Sdr. Aldi, OFM dan Sdr. Stefan, OFM.

Upacara profesi kekal ini dihadiri oleh banyak orang, termasuk keluarga, orang tua, kakak-adik, serta sahabat kenalan dari Sdr. Stefan, OFM dan Sdr. Aldi, OFM. Lantunan suara emas para Saudara Muda OFM Indonesia menyemarakkan Perayaan Ekaristi profesi kekal kedua saudara ini.

Dalam profesi kekal ini, sdr. Stefan, OFM dan sdr. Aldi, OFM memilih motto: “Inilah yang kukehendaki, inilah yang yang kucari, inilah yang ingin aku lakukan dengan segenap hatiku” (1 Cel. IX:22). Tentu, kedua saudara ini memilih motto ini melalui refleksi dan diskresi panggilan secara serius dan mendalam. Hal ini disampaikan oleh sdr. Stefan, OFM dalam sambutan sebelum upacara berakhir.

Upacara profesi dilanjutkan dengan ramah tamah di Aula St. Antonius Padua, Kramat. Seluruh tamu dan saudara-saudari yang dijamu dalam makan siang bersama dan dihibur oleh penampilan dari F-Minor Band dan para Saudara Tua. Sebelum santap siang, sdr. Mikael Peruhe, OFM, mewakili seluruh persaudaraan di Provinsi St. Michael Malaikat Agung Indonesia, memberikan hadiah kepada sdr. Stefan, OFM dan sdr. Aldi, OFM.

Sdr. Aldi, OFM dan Sdr. Stefan, OFM berfoto bersama para selebran upacara Profesi kekal usai Perayaan Ekaristi

Doa dan harapan dari seluruh persaudaraan Fransiskan, keluarga, sahabat, dan kenalan menyertai Sdr. Stefanus Harkam Nampung, OFM dan Sdr. Gabriel Rionaldi Wijaya Emar, OFM.

Kontributor: Sdr. Yohanes Yorgianje Pili, OFM

Ed. : Sdr. Vincent, OFM

Tinggalkan Komentar