Paroki Santo Paulus Depok Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal

Gereja Katolik Paroki Santo Paulus Depok, Pancoran Mas, Jawa Barat, menggelar vaksinasi massal di Gedung Pastoral Yohanes Paulus II pada Minggu, 31 Juli 2021 untuk tahap 1, sedangkan untuk tahap 2 pada 28 Agustus mendatang.

Pastor Paroki St. Paulus Depok, Sdr. Agustinus Anton Widarto OFM, mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Depok. “Gereja St. Paulus Depok menjadi mitra bagi POLRI terutama dalam ketersediaan sarana dan prasarana pendukung terlaksananya vaksinasi,” kata Sdr. Anton. Ia menerangkan, “Ada 5 dokter, 4 vaksinator, 4 petugas screening, 3 observator. Semuanya adalah umat Paroki Depok. Sementara itu, dari Polres Metro Depok menyediakan vaksin, spoit dan alkohol. Ada 550 dosis vaksin jenis Sinovac yang disediakan.”

Fransiskan asal Magelang ini menambahkan, pada tahap pertama  ini ada 529 yang mendaftar, namun hanya 506 warga yang sudah tervaksin, 23 lainnya gagal karena takut, tensi tinggi, baru sebulan terpapar covid. Kegiatan vaksinasi ini gratis. Untuk biaya operasional seperti kesekretariatan, logistik medis (APD, sewa ambulan, obat-obatan, sewa cooler box), dan konsumsi dipenuhi oleh sponsor dan donatur, tanpa menggunakan kas paroki.

Di tengah makin banyaknya korban serangan Covid-19, setiap elemen termasuk lembaga religius diharapkan untuk bahu-membahu membantu pemerintah. Gereja St. Paulus Depok, melalui kegiatan vaksinasi massal ini menunjukkan solidaritasnya kepada segenap umat atau warga sekitar yang memang belum divaksin. Gembala Paroki Depok, Romo Anton, begitu ia disapa, mengungkapkan bahwa maksud diadakannya kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi umat atau warga sekitar agar segera tervaksinasi sehingga memiliki kekebalan tertentu terhadap virus corona. “Gereja ingin membantu pemerintah mempercepat vaksinasi untuk warga Depok. Sasaran vaksinasi ini adalah umat Paroki Paulus, Paroki Herkulanus, Paroki Matheus dan juga warga RT 10, sekitar gereja Paulus yang belum tervaksin,” ungkap Gardian di Gardianat San Damiano Depok ini.

Kegiatan vaksinasi berlangsung dari pukul. 06.30 hingga pukul 14.00 WIB. Hadir pula dalam kegiatan ini Kapolsek Pancoran Mas, Kompol Triharijadi beserta rombongannya.

 

Laporan: Sdr. Anton Widarto OFM

Editor: Sdr. Fendi Marut, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *