Para Fransiskan-Fransiskanes memperbarui janji setia kepada Bunda Gereja Kudus

Jakarta-OFM, Telah menjadi tradisi, setiap tahun para Fransiskan-Fransiskanes memperbarui janji setia kepada Gereja. Tahun ini, Keluarga Fransiskan-Fransiskanes Jakarta (KANESTA) menggelar misa pembaruan janji setia tersebut di Gereja St. Paskalis, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada Jumat sore (14/4/2023).Hadir dalam perayaan ini, Mgr. Ignasius Kardinal Suharyo, Uskup Keuskupan Agung Jakarta, selaku wakil Bunda Gereja. Di hadapan beliau, seluruh biarawan-biarawati, juga para Fransiskan Sekular, menyatakan janji, tekad, dan komitmen bersama untuk senantiasa setia kepada Gereja Katolik Roma.

Dalam homilinya, Bapak Kardinal menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh keluarga fransiskan yang berkarya di wilayah Keuskupan Agung Jakarta. Terutama atas kehadiran, kesaksian melalui spiritualitas, dan berbagai macam karya yang ditangani demi kesejahteraan bersama umat manusia di seluruh wilayah keuskupan. Bertolak dari tema perayaan, “Fransiskan-Fransiskanes Jakarta mewujudkan kesejahteraan bersama demi penghormatan terhadap martabat manusia”, Bapak Kardinal berpesan agar para pengikut Si Miskin dari Assisi dapat menunjukkan aksi konkrit dalam perjuangan kesejahteraan bersama tersebut. “Salah satu aksi kecil yang dapat diupayakan yakni dengan tidak membuang-buang makanan,” ungkap beliau dalam homili.

Para Fransiskan-Fransiskanes yang hadir dalam perayaan janji setia di Gereja St. Paskalis.

Hal lainnya yang diingatkan beliau yakni soal dua kosa kata baru yang sekarang sering muncul di tengah masyarakat. Keduanya yakni “mafia” dan “flexing atau pamer”. Bagi beliau, dua kosa kata yang mencerminkan gaya hidup baru ini merupakan tantangan berat dalam perjuangan untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. “Maka saya mengajak segenap keluarga fransiskan-fransiskanes yang ada di sini untuk bersama-sama memerangi tantangan ini” ucap beliau. Misa yang dihadiri oleh cukup banyak anggota KANESTA ini berlangsung penuh khidmat dan meriah. Secara konselebrasi, dalam misa Bapak Uskup didampingi oleh P. Mike Peruhe OFM, P. Ferry Suharto OFM, dan P. Epa Prasetya, OFM.

Jumlah anggota KANESTA yang hadir kali ini terbilang jauh lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Hal ini terjadi seiring dengan melonggarnya beragam aturan pembatasan dalam kegiatan bersama pasca pandemi Covid-19 yang lalu. Namun demikian, seluruh hadirin tetap mematuhi protokol standar, dengan menggunakan masker. Setelah misa kudus, seluruh hadirin ikut bergembira dalam ramah tamah, sembari menikmati jamuan malam bersama di lantai dua aula gereja.

Kontributor: Sdr. Tian Gunardo, OFM

Ed.: Sdr. Rio Edison, OFM

Tinggalkan Komentar