Jakarta, OFM- Sore hari, Rabu (22/3/2023), persaudaraan Gardianat Potiuncula dan Spoleto berkumpul di Aula SMA St. Fransiskus, Kampung Ambon untuk menghadiri kegiatan sosialisasi hasil Kapitel Provinsi tahun 2022 yang lalu. Dalam acara ini, P. Gusti OFM bertindak sebagai pemateri sosialisasi. Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan ibadat sore bersama. Setelahnya, hadirin mengambil waktu jeda sejenak untuk menikmati snack yang telah disiapkan sembari saling bertegur sapa.

Dalam pemaparannya, Pater Gusti menjelaskan sebelas poin keputusan kapitel. Dalam setiap poin, beliau menambahkan keterangan lanjutan apabila dirasa perlu. Untuk beberapa poin keputusan tertentu, beliau menjabarkan juga tentang latar belakang digagasnya keputusan-keputusan tersebut. Pada akhir sesi pemaparan, dipandu Sdr. Bona OFM, kepada para peserta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan, komentar, dan tambahan keterangan—terutama dari para kapitularis.

Suasana sosialisasi hasil Kapitel Provinsi 2022 di hadapan anggota Gardianat Spoleto dan Gardianat Portiuncula. Tampak Sdr. Gusti Nggame, OFM sedang menjelaskan hasil hasil kapitel kepada para peserta pertemuan.

Dalam sesi diskusi ini, timbul berbagai pertanyaan, juga komentar yang kiranya patut mendapatkan perhatian. Dua pertanyaan yang kiranya cukup penting datang dari P. Peter OFM, di antaranya yakni terkait maksud, tujuan, dan cara kerja dari divisi safeguarding yang telah mulai beroperasi di dalam provinsi. Serta kemungkinan untuk menerima saudara disabilitas ke dalam persaudaraan OFM Indonesia.

Dalam komentarnya, P. Eddy OFM menyoroti soal minimnya bentuk dokumentasi, semisal foto, terhadap berbagai kegiatan atau peristiwa penting dalam perjalanan provinsi ini. Hal ini sangat kelihatan di dalam dokumen hasil kapitel yang baru diterbitkan. Setelah diskusi berakhir, para saudara berfoto bersama. Selanjutnya semua hadirin menikmati hidangan malam sembari bercengkerama.

Sosialisasi Hasil Kapitel untuk Gardianat Assisi dan Gardianat Damietta oleh Sdr. Deddy Kurniadi, OFM pada tanggal 6 Maret 2023

Sejak awal hingga akhir bulan Maret 2023, Minister Provinsi, Vikaris Provinsi, serta anggota definitor mengunjungi gardianat-gardianat untuk mensosialisasikan hasil Kapitel Provinsi 2022 kepada seluruh anggota persaudaraan. Sosialisasi ini diperlukan agar seluruh anggota persaudaraan dapat mengetahui dengan baik keputusan kapitel. Sosialisasi ini dilakukan setelah dokumen keputusan kapitel dibagikan untuk terlebih dahulu dipelajari.

 

Kontributor: Sdr. Tian Gunardo, OFM

Ed.: Sdr. Rio, OFM

Tinggalkan Komentar