Spiritualitas Fransiskan

(Sumber: “Spiritualitas Fransiskan”. Manuskrip dari Cl. Groenen OFM, untuk kepentingan pengajaran para Novis OFM di Cicurug. Diketik kembali dengan ejaan baru oleh Alfons S. Suhardi OFM. Subjudul-subjudul adalah tambahan oleh pengetik supaya dapat menjadi lebih mudah ditangkap; sangat terbuka untuk perbaikan.)

Dalam buku kecil ini kami menyajikan suatu uraian yang cukup terperinci perihal pokok yang agak sulit dan berbelit, yakni “spiritualitas Fransiskan”. Kami berusaha untuk menggali dan mendapat latar-belakang suatu cara hidup dalam Gereja Katolik yang nyata agak berbedadengan tata-cara lainnya yang terdapat di dalam Gereja itu. Meskipun perbedaan tersebut cukup nyata dan kentara, namun sukar untuk merumuskan dan menangkap realitas yang berbeda itu. Kami berusaha untuk mendekati realitas yang hidup itu tanpa pretensi bahwa kami berhasil sama sekali.

Adapun sebabnya kami menguraikan cotak-batin Fransiskan secara terperinci, kiranya untuk pertama kalinya dalam bahasa Indonesia ialah: Fransiskanisme di Indonesia baru saja mulai hidup dan rupa-rupanya itu cukup menarik juga. Tetapi lebih kurang kebetulan saja mulai berkembang tanpa persiapan yang direncanakan lebih dahulu dengan baik-baik.

Memang “corak batin” Fransiskan adalah suatu kehidupan; dan kehidupan tetap yang paling penting juga. Tapi kiranya perlu juga orang memikirkan kehidupan itu untuk mendapat dan melihat pola dasarnya yang memikul dan memimpin segala apa yang kalihatan. Nah dengan uraian ini kami berusaha untuk memikirkan pola dasar itu. Mudahmudahan pikiran itu menolong untuk mencari dan menetapkan suatu bentuk kehidupan Fransiskan yang betul Fransiskan asli dan sekaligus juga cocok dengan watak dan bawaan orang yang mau mewujudkan kehidupan itu di Indonesia.

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *