Tahbisan Diakonat-Imamat Para Saudara Dina:” Tuhan Memerlukannya” (Luk. 19:31)

trahbisan imam dan diakon ofm 2022

Jumat (20/05/2022) adalah hari yang istimewa bagi Gereja dan persaudaraan Fransiskan Provinsi St. Mikael Malaikat Agung Indonesia. Tiga saudara ditahbiskan menjadi imam dan dua saudara ditahbiskan menjadi diakon. Tiga saudara yang ditahbiskan menjadi imam adalah Sdr. Ambrosius Setiadvento Haward OFM (Haward), Sdr. Yohanes Baptista Pendamai Marut OFM (Effendy), dan Sdr. Maxmilyanus Jemadiarto Edison OFM (Rio). Sementara itu, dua saudara yang ditahbisan menjadi diakon adalah Sdr. Santono Situmorang OFM (Santono) dan Sdr. Mikael Gabra Santrio OFM (Ikky).

Perayaan Ekaristi tahbisan yang dilaksanakan di Gereja Hati Kudus, Kramat, Jakarta Pusat dimulai pada pukul 10.00 WIB. Tahbisan imamat dan diakonat diterimakan dari tangan Mgr. Aloysius Murwito OFM. Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Bapa Uskup dan beliau didampingi oleh Minister Provinsi (Sdr. Mikael Peruhe OFM), Pastor Paroki-Rekan Gereja Hati Kudus Kramat (Sdr. Yustinus Agung Setiadi OFM-Sdr. Alferinus Gregorius Pontus OFM), dan perwakilan formator (Sdr. Andreas Atawolo OFM). Perayaan Ekaristi ini dihadiri para Saudara Dina, sejumlah keluarga saudara-saudara yang ditahbiskan, dan para tamu undangan. Kanal Youtube OFM Indonesia menjadi media bagi segenap keluargan, kerabat, dan kenalan untuk mengikuti perayaan ini melalui siaran langsung. Perayaan Ekaristi dapat berjalan dengan khidmat.

trahbisan imam dan diakon ofm 2022

Di dalam homilinya, Mgr. Aloysius Murwito OFM menyampaikan pesan agar kelima saudara ini melanjutkan dan menyempurnakan relasi pribadi mereka dengan Yesus Kristus. Beliau juga meminta kelima saudara ini untuk dapat mewujudkan spirit persaudaraan di tempat karya mereka selanjutnya dengan menanggung segala sesuatu secara bersama dan dalam suka serta duka.

Pada akhir Perayaan Ekaristi, Bapak Fransiskus Edison (ayah dari Sdr. Rio), selaku perwakilan orang tua, menyampaikan pesan kepada kelima saudara yang ditahbiskan agar mereka tidak mempermainkan panggilan mereka, melainkan memperjuangkannya. Hadir juga di dalam Perayaan Ekaristi ini perwakilan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia, Dr. Aloma Sarumaha. Melalui beliau diberikan kepada para imam tertahbis seperangkat  alat misa.

trahbisan imam dan diakon ofm 2022

Di dalam sambutannya, Minister Provinsi OFM Provinsi St. Mikael Malaikat Agung, Sdr. Mikael Peruhe OFM, menegaskan motto panggilan yang mereka pilih bahwa sejatinya semua saudara dina adalah keledai yang diperlukan oleh Tuhan. Semua saudara dina adalah keledai yang membawa Kristus ke tengah dunia. Minister Provinsi juga menyampaikan perutusan baru untuk kelima saudara tersebut. Perutusan para saudara ini adalah sebagai berikut:

  1. Haward akan bertugas sebagai Magister Postulan di Biara St. Bonaventura – Yogyakarta.
  2. Effendy akan melanjutkan tugasnya di Seminari Menengah Stella Maris – Keuskupan Bogor.
  3. Rio akan melanjutkan tugasnya sebagai Koordinator Fransiskan Media Center.
  4. Santono akan bertugas sebagai Socius Magister di Novisiat Transitus – Depok.
  5. Ikky akan bertugas sebagai Sekretaris Eksekutif Komisi Justice Peace Integrity of Creation (JPIC) OFM Indonesia.

Setelah Perayaan Ekaristi tahbisan, dilangsungkan resepsi sederhana di Ballroom Vitra, Kramat.

Selamat berkarya untuk kelima saudara!

Kontributor: Sdr. Vincentius Gabriel OFM

Post navigation