Perayaan 60 Tahun Hidup Membiara Pater Alex Lanur OFM

Sdr. Alex Lanur, OFM (barisan depan – paling kiri) bersama para Saudara DIna yang hadir dalam perayaan syukur 60 tahun hidup membiaranya

Tepatnya pada tanggal 1 Agustus 2020 Pater Alex Lanur OFM dan Mgr. Michael Cosmas Angkur OFM merayakan 60 tahun hidup membiara dalam Ordo Saudara-saudara Dina (OFM). Akan tetapi, perayaan syukur tersebut tidak dirayakan secara bersama sebagaimana lazimnya. Covid 19 membatasi segalanya, sehingga Provinsi menyerahkan penyelenggaraan perayaan-perayaan itu kepada setiap gardianat.

Dalam rangka mensyukuri rahmat tersebut, Gardianat San Damiano Depok mengadakannya dalam perayaan Ekaristi bersama umat di Gereja St. Paulus Depok (25/10/2020). Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Gardian Gardianat Depok Sdr. Agustinus Anton Widarto OFM, dan didampingi oleh Sdr. Berto Jandu OFM, Sdr. Alfons Suhardi OFM, Sdr. Alex Lanur OFM (pestawan), dan Sdr. Marciano A. Soares OFM.

Dalam homilinya, Sdr. Anton mengatakan, “kita patut bersyukur atas kehadiran Sdr. Alex Lanur OFM dalam persaudaraan Saudara-Saudara Dina. Saudara Alex telah mewujudkan kasih Allah bagi sesama melalui pengabdiannya dalam membina para calon Fransisikan dan para calon imam di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.”

Selain itu, dalam sambutannya, dengan mengutip kata-kata Yesus dalam Matius 18:20: “Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, Aku ada di tengah-tengah mereka”, Pater Alex berterima kasih bagi seluruh umat Allah yang telah hadir dan menghadirkan Allah bagi dirinya. Pater Alex juga menegaskan bahwa pangilan setiap manusia adalah untuk menjadi mirip dengan Yesus. Sebagaimana dikatakan oleh Paulus dalam Galatia 2:20, “namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus sendiri yang hidup di dalam aku.”

Setelah perayaan ekaristi, acara dilanjutkan dengan ramah-tamah dan makan siang bersama di gedung pastoran lama Paroki St. Paulus Depok. Rangkaian kegiatan ini dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, dan umat yang diperkenankan hadir hanya DKP (Dewan Keuangan Paroki) dan DPP (Dewan Pastoral Paroki) Paroki St. Paulus Depok.

Laporan sdr. Marciano A. Soares, OFM

Post navigation

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *